Transformasi Industri 4.0 di Sektor Manufaktur Percepat Pemulihan Ekonomi

Kamis, 26 November 2020 - 18:47 WIB
“Dalam platform ini memungkinkan para stakeholder dapat tetap produktif berkolaborasi selama masa pandemi” klaim Doddy Rahadi.

Fitur-fitur yang ada dalam platform ini antara lain, member list, news, article, forum, event, map dan virtual tour yang semuanya terkait implementasi teknologi industri 4.0 pada sektor manufaktur. “Di sinilah pentingnya kita untuk membangun ekosistem industri 4.0 ini. Seperti kita ketahui beberapa negara lain dalam implementasi industri 4.0 ini saling bersinergi dan berkolaborasi, baik pemerintah, pelaku industri, akademisi dan R&D, technical provider, konsultan, dan tentunya pelaku keuangan,” tandasnya.

Untuk melihat implementasi industri 4.0 di perusahaan industri dilakukan kunjungan ke pabrik secara virtual kepada 4 perusahaan industri penerima penghargaan industri 4.0 tahun 2020 dan 1 Balai Besar bahan dan barang Teknik (B4T) – Bandung. Kegiatan virtual plant dilakukan untuk menunjukkan kepada publik bahwa industri dapat beroperasi pada masa pandemi dengan memperhatikan protokol Kesehatan serta publik dapat tetap berkunjung ke pabrik namun dilakukan secara virtual (online) untuk mencegah kerumunan selama visit ke pabrik.

“istilahnya jalan – jalan ke pabrik cukup di kantor di rumah saja” ujar Kepala BPPI, Doddy Rahadi. (Baca juga: Lagi, Puluhan Aplikasi China Dilarang Beroperasi di India )
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More