Solusi Otomasi Perusahaan Digital lewat TIA Portal V18 Buatan Siemens

Senin, 22 Mei 2023 - 22:47 WIB
loading...
Solusi Otomasi Perusahaan Digital lewat TIA Portal V18 Buatan Siemens
TIA Portal V18 akan membuat industri manufaktur jadi lebih efektif. Foto/DOK. Siemens
A A A
JAKARTA - Selama beberapa dekade mendatang, teknologi digital akan membuat industri manufaktur lebih terhubung, cerdas, efisien, andal, dan berkelanjutan. Oleh karena itu, para pelaku bisnis akan mencari solusi teknologi terbaik untuk membantu mereka mengurangi waktu pemasaran serta meningkatkan produktivitas pabrik.

Siemens menawarkan versi terbaru V18 dari Totally Integrated Automation Portal (TIA Portal) pada acara yang bertajuk “TIA Portal Tech-Connext” pada 30-31 Mei 2023 di Ayana Hotel Jakarta. Efraim Mayer, Head of Factory Automation, Digital Industries PT Siemens Indonesia mengatakan saat ini banyakperusahaan manufaktur ingin mempersingkat waktu pemasaran, mengatasi kekurangan pekerja terampil, namun tetap kompetitif.

Jadi mereka benar-benar membutuhkan teknik otomasi yang efisien yang dapat dimodifikasi dengan cepat untuk memenuhi tuntutan tersebut.

"Versi terbaru dari TIA Portal, suatu inovasi teknologi yang unik dari Siemens untuk otomasi, memberikan akses tak terbatas ke layanan otomasi digital secara lengkap, mulai dari perencanaan digital, hingga teknik terintegrasi dan operasi yang transparan," ungkap Efraim Mayer.



TIA Portal (Totally Integration Automation Portal) dapat diterapkan secara luas terhadap operator di pabrik industri dan integrator sistem. Selain itu TIA Portal juga dapat digunakan bagi para pembuat mesin inovatif dari berbagai industri, seperti makanan dan minuman, otomotif, farmasi, air, dan industri lainnya.

Solusi terbaru ini mampu memberikan akses tak terbatas ke layanan otomasi digital secara lengkap, mulai dari perencanaan digital, hingga teknik terintegrasi dan operasi yang transparan.

Saat ini, pengguna dapat bekerja dalam tim dan secara bersamaan mengerjakan berbagai proyek, serta membuat dan mengelola penyimpanan (libraries) yang bisadiakses secara bersama-sama. Hak akses dapat diberikan secara individu atau kelompok, sehingga membuat kolaborasi berjalan lebih fleksibel. Fungsi baru ini lebih praktis untuk berbagai tahapan pekerjaan, mulai dari perencanaan (planning), penghubungan (connecting), hingga pengujian operasional (commissioning).



Dalam acara yang sama Siemens juga menghadirkan berbagai topik seperti manfaat simulasi dalam otomasi di sepanjang proses produksi, pentingnya standardisasi sebagai kunci untuk menguasai tantangan digitalisasi, konvergensi teknologi informasi (information technology/IT) dan teknologi operasional (operational technology/OT), serta transparansi data dari pabrik hingga ke level IT.

Salah satu poin menarik yaitu SIMATIC WinCC Unified, sistem visualisasi terbaru di TIA Portal yang dapat terukur dari panel ke sistem distribusi berbasis PC. Selain WinCC Unified Runtime terbaru berbasis teknologi web (HTML5, SVG, dan JavaScript), WinCC Unified System juga mencakup generasi baru dari perangkat HMI canggih dengan multitouch (respon terhadap lebih dari 1 sentuhan) dan ke depannya, juga akan dilengkapi dengan Industrial Edge milik Siemens.

Acara roadshow TIA Portal V18 akan dilaksanakan di kota-kota lain, seperti Medan pada 26 - 27 Juni 2023 dan Surabaya pada 4-% Juli 2023. Roadshow ini merupakan bagian dari komitmen Siemens untuk menghadirkan inovasi melalui teknologi canggih, seperti TIA Portal V18, untuk industri manufaktur Indonesia menuju Industri 4.0.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)