4 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14, Ketahui Sebelum Membeli

Rabu, 15 Mei 2024 - 10:05 WIB
loading...
4 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14, Ketahui Sebelum Membeli
Seri iPhone 14 masih diminati karena iPhone 15 terlalu mahal dan tidak memberikan perubahan signifikan. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kelebihan dan kekurangan iPhone 14 yang perlu diketahui sebelum membeli produk buatan Apple ini. Terlebih di tahun ini iPhone 15 series telah dirilis.

Awal kemunculan iPhone 14 Series memang sempat membuat sensasi, terutama dengan kemunculan Dynamic Island. Sayangnya fitur tersebut hanya ada di iPhone 14 pro saja dan tidak terdapat pada varian lainnya termasuk iPhone 14 biasa.

Hal tersebut jugalah yang membuat banyak orang bertanya-tanya apakah masih worth it membeli iPhone 14 setelah perilisan iPhone 15? Atau lebih baik membeli iPhone 14 pro yang memiliki lebih banyak fitur atau iPhone 13 yang terbilang lebih murah.

Untuk itu, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone 14 yang dapat dijadikan pertimbangan untuk membelinya.

4 Kelebihan iPhone 14

- Memiliki Kamera Resolusi Tinggi

Kamera utama yang dimiliki iPhone 14 memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.5. Salah satu yang membuatnya unggul dari pendahulunya adalah lensa 26mm dengan sensor berukuran 1/1.7inci yang mampu ciptakan iksel individual 1.9 mikrometer.

- Berbekal Chipset yang Punya Performa lebih baik dari Pendahulunya

Meskipun menggunakan chipset yang sama seperti pendahulunya yaitu iPhone 13 dengan menggunakan chipset atau SoC yang dinamai Apple A15 Bionic, performa yang dipakai oleh iPhone 14 ini memiliki performa yang lebih kencang. Ini disebabkan oleh kinerja grafisnya dengan GPU 5 Core yang diusung.

- Baterai lebih Tahan Lama

iPhone 14 memiliki kapasitas baterai yang tidak terlalu besar, yaitu hanya 3279 mAh, berbeda sedikit dengan pendahulunya iPhone 13 yang hanya memiliki 3240 kapasitas baterai. Meski begitu, Apple kali ini membekali perangkatnya dengan fitur pengisian cepat 20W yang katanya mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu hanya 30 menit saja.

- Berjalan di Sistem Operasi iOS 16

iPhone 14 Series termasuk iPhone 14 telah beroperasi dalam sistem operasi iPhone atau iOS terbaru yaitu iOS 16. Sistem operasi ini memiliki beberapa pembaruan dan peningkatan dalam perangkat lunaknya, misalnya Anda bisa menyesuaikan layar kunci dengan widget, foto, menentukan font yang ingin dipakai, dan sebagainya.

4 Kekurangan iPhone 14

- Belum mengusung USB Type C

iPhone 14 Series ini termasuk iPhone 14 masih belum beralih ke port tipe C dan masih menggunakan port Lightning. Padahal Macbook dan iPad Pro terbaru telah menggunakan, port type C untuk iPhone sendiri baru digunakan untuk iPhone 15 Series yang baru saja rilis tahun lalu.

- Tidak Memiliki Dynamic Island

Fitur Dynamic Islan di iPhone 14 Series hanya digunakan pada iPhone 14 Pro saja, membuat varian lainnya terasa tertutup dan kurang menarik. Hal ini jugalah yang membuat banyak orang lebih mempertahankan iPhone 12 dan 13 ketimbang harus membeli iPhone 14.

- Minim Upgrade

Upgrade atau peningkatan yang dimiliki iPhone 14 ini tidaklah terlalu signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Peningkatan dari seri sebelumnya bahkan serasa tidak ada apa-apanya dari iPhone 13 yang menetapkan fitur autofocus pada kamera selfie.


- Tidak memiliki slot Micro SD dan Lubang Jack 3,5 mm

Dalam upaya menghadirkan iPhone tanpa port atau portless. Apple tidak hanya menghilangkan slot kartu SIM pada HP ini, tetapi juga dengan menghilangkan slot memori tambahan yaitu microSD dan lubang jack berukuran 3,5mm. Hal ini tentulah membuat pengguna yang terbiasa menggunakan lubang jack 3,5 mm merasa minim akses, dan tidak adanya slot Micro SD membuat pengguna sulit untuk meng upgrade memory hpnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone 14, dari penjelasan diatas kekurangan di hp seri ini memang terbilang cukup sulit ditolerir. Karena upgradenya yang tidak terlalu signifikan membuat banyak orang lebih memilih membeli iPhone 14 Pro dariyangbiasa.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2749 seconds (0.1#10.140)