5 Cara Mengatasi Memori iPhone Penuh, Simak dan Coba!

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 11:20 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Memori...
Terlepas dari penyimpanannya yang besar, memori iPhone bisa saja penuh jika pengguna terlalu banyak menginstal aplikasi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi memori iPhone penuh bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna dapat mencoba solusi seperti mengosongkan sejumlah ruang penyimpanan hingga menghapus file atau aplikasi tak terpakai pada perangkat terkait.

Terlepas dari kinerjanya yang mumpuni, iPhone juga memiliki sejumlah masalah yang banyak dikeluhkan pengguna. Misalnya seperti penuhnya penyimpanan atau memori di perangkat.

Kondisi memori iPhone yang penuh tentu bisa membuat kinerja perangkat menjadi terganggu. Tak sekadar membuat lemot, terkadang dapat juga memunculkan masalah lainnya.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasi memori iPhone penuh? Berikut ulasannya sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (16/7/2024).

Cara Mengatasi Memori iPhone Penuh

1. Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Terlepas dari penyimpanannya yang besar, memori iPhone bisa saja penuh jika pengguna terlalu banyak menginstal aplikasi. Solusi mudahnya adalah menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah dipakai lagi.

Apabila tidak memungkinkan untuk uninstall aplikasi, pengguna dapat menghapus datanya saja. Untuk diketahui, setiap aplikasi biasanya menyimpan data dan dokumen yang turut mengonsumsi memori penyimpanan iPhone.

Sebagai contoh, aplikasi WhatsApp yang bisa menyimpan media terkirim seperti foto dan video, dan gambar. Untuk membuat penyimpanan sedikit lebih longgar, silahkan hapus data-data seperti di atas yang terdapat di setiap aplikasi.

2. Bersihkan Cache Browser

Saat berselancar di internet melalui browser, perangkat Anda bisa saja menyimpan banyak cache dan data lain. Hal seperti ini juga dapat berkontribusi atas penuhnya memori iPhone.

Maka dari itu, pengguna perlu menghapus cache pada browser yang dipakai. Berikut contohnya jika menggunakan Safari:

-Buka menu pengaturan
-Gulir ke bawah dan cari pengaturan browser Safari
-Pilih pengaturan browser, lalu cari opsi "Bersihkan Riwayat dan Data Situs Web"
-Selesai

3. Hapus File Media yang Tidak Penting

Berikutnya, pengguna bisa mencoba untuk menghapus file media yang tidak penting di perangkatnya. Misalnya, seperti foto, video hingga dokumen yang menumpuk tanpa nama. Berikut langkah-langkahnya:

-Masuk ke galeri
-Buka album. Lalu, pilih file foto atau video yang tidak penting untuk nantinya dihapus
-Kemudian, cek folder “Baru Dihapus” dan ketuk opsi “Pilih”
-Lalu, klik opsi “Hapus Semua” untuk membersihkan file media secara permanen
-Selesai

4. Cadangkan File dengan Cloud

Apabila tidak memungkinkan untuk menghapus file media, pengguna bisa mencadangkan file dengan cloud online. Bisa memakai iCloud dari Apple, Google Drive, dan lainnya.



Apabila dirasa penyimpanan iCloud kurang besar, Anda dapat meningkatkannya menjadi iCloud+.

5. Pindahkan File Besar ke Komputer/Laptop

Jika masih ragu untuk menghapus atau mencadangkan ke cloud, pengguna dapat memindahkan file besar ke laptop atau komputer di rumah. Nantinya, data tersebut bisa tersimpan dengan aman dan memori iPhone pun akan sedikit lebih lega.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi memori iPhone penuh. Semogabermanfaat.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)