Kerja Sama dengan OpenAI, Apple Bakal Lengkapi iPhone dengan ChatGPT

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:54 WIB
loading...
Kerja Sama dengan OpenAI, Apple Bakal Lengkapi iPhone dengan ChatGPT
Apple dan OpenAI telah menjajaki kerja sama untuk menggunakan kecerdasan chatbot di sistem operasi seluler Apple berikutnya, iOS 18. (Foto: Forbes)
A A A
JAKARTA - Apple memanfaatkan OpenAI untuk ChatGPT yang akan mendukung fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terbaru di iPhone.

The Standard melansir, Rabu (15/5/2024) Apple dan OpenAI telah melakukan pembicaraan untuk menggunakan kecerdasan chatbot di sistem operasi seluler Apple berikutnya, iOS 18. Apabila kesepakatan sudah final, maka OpenAI akan selangkah lebih maju dari kompetitornya untuk menduduki posisi sebagai mitra AI pertama Apple. Mereka juga sedang berdiskusi dengan Google dan Anthropic, pembuat chatbot Claude AI untuk meningkatkan fitur seperti Siri dan pencarian.

Belum ada konfirmasi baik dari Apple maupun OpenAI kapan hasil dari kesepakatan tersebut dipublikasikan dan belum ada tanggapan terkait laporan tersebut dari kedua belah pihak.

Apple sebagai sebuah perusahaan teknologi besar dikabarkan akan bekerjasama dengan penyedia AI eksternal sebagai solusi jangka Panjang. Bahkan Apple juga dikabarkan sedang membangun chip AI sendiri untuk pusat data, fasilitas besar yang menggerakkan chatbot menggunakan server computer jarak jauh.



Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mungkin sedang membangun kemampuan AI-nya sendiri diintegrasikan ke dalam perangkat sambil mengandalkan perangkat lain untuk fitur-fitur yang berfungsi melalui internet atau cloud. Apple harus bergerak cepat jika ingin mengejar ketertinggalan dari industri teknologi lainnya yang menawarkan AI percakapan dalam segala hal mulai dari ponsel hingga laptop.

Salah satu penyebab penundaan ini karena perdebatan internal mengenai manfaat AI yang didukung cloud dibandingkan yang ada di perangkat, dan Apple biasanya lebih memilih AI yang didukung cloud karena manfaat privasinya. Apple menjadi salah satu dari sedikit perusahaan besar yang melarang karyawannya menggunakan ChatGPT karena masalah keamanan.



Kesepakatan seperti itu merupakan sebuah keuntungan besar bagi OpenAI yang sudah memperhitungkan Microsoft sebagai investornya. Perusahaan menghadapi tekanan untuk merilis fitur-fitur baru di tengah perlombaan AI dengan Google, Meta, dan banyak startup kecil. Untuk itu, OpenAI mengumumkan fitur suara dan pencarian baru untuk model ChatGPT gratis dan premiumnya pada 14 Mei 2024.

Apple mengungkap fungsi AI barunya sebagai gambaran sekilas dari iOS 18 di acara tahunan untuk pengembang, WWDC pada Juni mendatang.

Pembaruan ini diharapkan kompatibel dengan iPhone 11 dan seterusnya. Namun, rumor mengklaim bahwa ini dapat berfungsi pada model lama seperti iPhone XR dan model lain yang lebih tua dari lima tahun.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3477 seconds (0.1#10.140)
pixels