Vendor Ponsel Menjerit Banyak Ponsel Terblokir, Kominfo Tambah Kapasitas CEIR di 2021

Rabu, 30 Desember 2020 - 19:12 WIB
loading...
Vendor Ponsel Menjerit Banyak Ponsel Terblokir, Kominfo Tambah Kapasitas CEIR di 2021
Awal 2021, kapasitas CEIR akan ditambah menjadi 2 miliar, yang sebelumnya sebesar 1,2 miliar.
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan peningkatan kapasitas mesin CEIR (Central Equipment Identity Register) yang digunakan sebagai pusat pengolahan informasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) di Indonesia.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika ( SDPPI ) Kominfo, Ismail, mengatakan kapasitas mesin CEIR akan ditambah 800 juta slot dari yang awalnya 1,2 miliar. Peningkatan kapasitas ini akan dilakukan pada awal 2021 mendatang.

Baca Juga: Siap-Siap! Mulai 1 Januari 2021 WhatsApp Tak lagi bisa Digunakan di Beberapa Smartphone

"Diharapkan penambahan kapasitas ini bisa diselesaikan pada kwartal pertama 2021," sambungnya.

Sebelumnya, para vendor ponsel menjerit karena beberapa perangkat ponsel yang beredar di pasaran terblokir dan tak mendapatkan layanan selular.

Tak hanya itu, sejak 15 September 2020, semua tanda pendaftaran produk (TPP) tidak bisa masuk ke sistem CEIR sebagai pusat pengolahan IMEI.

BACA JUGA: Ini 8 Gim Keren yang Mendukung Layar 144 Hz Xiaomi Mi 10T Pro

Sebagai pusat pengelolaan informasi IMEI, mesin CEIR dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk mengintegrasikan sistem Equipment Identity Register dari lima operator. Penyempurnaan sistem dilakukan terus menerus untuk menjamin kesiapan pengendalian IMEI.

Pemerintah sendiri telah memberlakukan pengendalian IMEI mulai 15 September 2020 dengan menggunakan sistem CEIR. Kebijakan pengendalian IMEI ditujukan untuk melindungi konsumen dan memberikan kepastian hukum kepada operator dalam menghubungkan perangkat yang sah ke jaringan telekomunikasi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)