2 Cara Mengatasi Bootloop pada HP Realme, Mudah Tanpa Bantuan Laptop atau PC

Kamis, 02 Mei 2024 - 13:43 WIB
loading...
A A A
SINDOnews.co Kartu ATM yang bisa contactless atau nirsentuh ini tengah banyak dicari oleh para nasabah untuk mempermudah transaksi perbankan.

Kartu ATM contactless ini dapat digunakan dengan hanya mendekatkannya pada mesin EDC contactless tanpa harus menggunakan PIN untuk jumlah transaksi tertentu. Cara ini tentu akan mempermudah dan mempercepat transaksi pengguna.

Biasanya, kartu ATM contactless ini memiliki simbol seperti sinyal gelombang menghadap ke kanan. Jika memiliki simbol tersebut maka sudah dipastikan jika kartu tersebut memiliki fitur contactless.

Saat ini sudah mulai banyak perbankan yang menyediakan kartu ATM contactless, terutama untuk bank besar seperti BCA dan BUMN seperti Mandiri, BNI, dan BRI.

Kartu ATM yang Bisa Contactless (H2)

1. Bank Mandiri

Dilansir dari laman resmi Bank Mandiri, jenis Mandiri Debit yang memiliki fitur contactless diantaranya sebagai berikut :

- Mandiri Debit Gold Visa
- Mandiri Debit Gold Bisnis Visa
- Mandiri Debit Platinum Visa
- Mandiri Debit Platinum Bisnis Visa
- Mandiri Debit Prioritas Visa
- Mandiri Debit Private Visa

2. BRI

Implementasi penerbitan Kartu Kredit BRI dengan fitur contactless saat ini dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan ketersediaan stok kartu.

Sejumlah kartu yang akan mendapat fitur contactless diantaranya, Tipe kartu Easy Card, JCB Platinum, dan Tokopedia Card untuk penerbitan kartu baru/renewal.

3. BNI

Dikutip dari laman resmi BNI, Kartu Debit BNI Contactless merupakan kartu debit dengan chip dual interface. Kartu ini ditandai dengan terdapat logo/icon sinyal gelombang seperti pada kartu contactless pada bank lain.

Limit harian transaksi dengan metode menempelkan kartu debit (tap) pada mesin EDC yaitu maksimal Rp.1.000.000,- /hari atau maksimal 10 x Tap/ hari. Transaksi di atas Rp Rp 1.000.000, atau lebih dari 10 kali (10x) menggunakan metode dip kartu dan menginput PIN.

4. BCA

Untuk bank BCA, fitur contactless ini terdapat pada Debit BCA Mastercard. Debit Contactless dapat digunakan Domestik dan Internasional untuk transaksi pada semua EDC/mesin pembayaran yang kompatibel dan sebagai alat pembayaran transportasi yang memiliki teknologi RFID (Radio Frequency Identification)

Itulah sejumlah kartu ATM yang bisa contactless dari empat bank, yakni Mandiri, BRI, BNI, dan BCA. Namun perlu dicatat, jika fitur ini memiliki kekurangan besar, yakni jika kartu hilang maka orang lain yang menemukan bisa mengambil uang dengan mudah karena tak perlu memasukkan PIN.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4101 seconds (0.1#10.140)