5 Robot Militer Tercanggih di Dunia, Ada PackBot hingga Tank Otonom

Sabtu, 07 September 2024 - 17:05 WIB
loading...
5 Robot Militer Tercanggih...
RIPSAW M5 dilengkapi tapak berlapis karet yang siap melibas semua medan. Foto/Textronsystems
A A A
JAKARTA - Kemajuan teknologi menghadirkan robot militer untuk menggantikan peran manusia di medan perang. Robot-robot ini memiliki kemampuan istimewa baik dalam misi pengintaian, pembersihan ranjau hingga unit tempur.

Dibandingkan beberapa dekade lalu, wajah peperangan modern telah berubah secara total, berkat kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi tidak hanya menghadirkan persenjataan canggih serta perlindungan maksimal bagi para prajurit, tapi juga memberi dukungan tambahan dalam bentuk pendamping robot.

Robot-robot ini dikendalikan dari jarak jauh untuk melaksanakan tugas-tugas berbahaya hingga platform senjata otonom. Meski kemajuan teknologi belum mampu menggantikan pertempuran tradisional dengan peperangan elektronik sepenuhnya namun banyak robot militer yang sudah diterjunkan ke medan perang.

Berikut deretan robot militer yang sudah pernah diterjunkan ke medan perang dilansir dari Slash Gear, Sabtu (7/9/2024):


1. PackBot, robot penjinak bom


PackBot, robot penjinak bom, telah digunakan sejak tahun 2000. PackBot telah muncul tidak hanya di medan perang, tetapi juga dalam berbagai misi dukungan sipil. Salah satunya digunakan untuk mensurvei daerah berbahaya setelah peleburan reaktor Fukushima di Jepang pada tahun 2011.

Generasi PackBot saat ini, model 510, dilengkapi banyak fitur untuk mensurvei zona bahaya, termasuk tapak yang dapat mengatasi medan, video real time, audio, dan umpan sensor, serta lengan manipulator yang kuat.

Meskipun memiliki semua perangkat keras ini, PackBot cukup ringan dan kompak untuk muat dengan nyaman di bagasi mobil biasa dan dikerahkan dalam waktu dua menit. Tugas utama PackBot adalah penjinakan bom jarak jauh, dengan umpan langsung dan lengan manipulatornya digunakan untuk membongkar bahan peledak.

2. DOGO, anjing penjaga taktis


Zona perang bukanlah satu-satunya tempat robot militer beroperasi. Pasukan anti-teror dan operasi khusus juga dapat menggunakan bantuan robot, seperti DOGO, yang dikembangkan oleh General Robotics.

DOGO memiliki semua perangkat yang dibutuhkan dalam situasi jarak dekat, dari kesadaran situasional hingga media untuk negosiasi jarak jauh dengan musuh, hingga keterlibatan mematikan.

DOGO dilengkapi dengan pistol kaliber kecil, termasuk Glock 26 atau Sig Sauer P320SC. Dengan ketukan sederhana pada layar sentuh remote control, DOGO dapat menembak hingga lima peluru dalam waktu sekitar dua detik, mengenai target hingga 18 kaki jauhnya. Kehadiran pistol juga dapat digantikan dengan lampu berkedip untuk mengecoh musuh atau peluncur semprotan merica.


3. Throwbot, mata-mata kecil


Robot mata-mata Throwbot dikembangkan oleh Recon Robotics. Versi terbaru, Throwbot 2, berukuran mini hanya 4,5 inci tinggi, dan beratnya satu pon. Robot ini dilengkapi sepasang roda tebal, yang dapat merayap dengan senyap melewati rintangan dan medan berat, sehingga mampu menyelinap ke hampir semua tempat. Spesifikasinya juga dilengkapi kamera serta audio mumpuni.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)