7 Alasan Menggunakan SSD Eksternal bagi Pekerja Kreatif ataupun Influencer

Selasa, 19 September 2023 - 15:35 WIB
loading...
7 Alasan Menggunakan SSD Eksternal bagi Pekerja Kreatif ataupun Influencer
SSD eksternal menjadi perangkat yang sangat berguna bagi pekerja kreatif ataupun influencer yang selalu membuat konten. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Berlahan tapi pasti, Solid State Drive (SSD) Eksternal semakin diminati walau memang belum menggantikan HDD Eksternal.

SSD Eksternal sendiri merupakan perangkat penyimpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan data dan digunakan pada berbagai jenis perangkat, seperti komputer, laptop, atau perangkat mobile.

SSD Eksternal menggunakan teknologi yang sama dengan SSD internal, yaitu menggunakan chip NAND flash untuk menyimpan data. Namun, SSD Eksternal dapat dihubungkan ke perangkat melalui interface USB atau Thunderbolt, sehingga dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat yang memiliki port USB atau Thunderbolt.

Kecepatan akses data pada SSD Eksternal juga cenderung lebih cepat dibandingkan dengan hard drive eksternal. SSD Eksternal sepertiKingston XS1000, misalnya, menawarkan dimensi yang sangat ringkas sehingga mudah dibawa-bawa. Adapun kapasitas penyimpanannya pun sangat lega, mencapai 2 TB. Ini yang membuat konten kreator semakin melirik SSD Eksternal untuk mendampingi pekerjaannya sehari-hari.

Kekurangan SSD Eksternal ada 2. Pertama, harganya mahal dibandingkan HDD. Juga, kapasitas penyimpanannya terbatas. Tapi, belakangan SSD Eksternal lebih diminati dibandingkan HDD karena fungsinya yang beragam. Salah satunya, harga yang semakin terjangkau.Kingston XS1000, misalnya, ditawarkan dalam 2 varian. Yakni,SXS1000 1 TB dibanderol Rp1.200.000 sementara SXS1000 2 TB harganya Rp1.850.000.

Berikut fungsi SSD Eksternal:
7 Alasan Menggunakan SSD Eksternal bagi Pekerja Kreatif ataupun Influencer

1. Penyimpanan data: SSD Eksternal dapat digunakan untuk menyimpan data secara mobile, seperti dokumen, foto, video, musik, dan lain-lain.

2. Backup data: SSD Eksternal dapat digunakan sebagai media backup data, sehingga data dapat dipindahkan dari perangkat utama ke SSD External untuk melindungi data dari kerusakan atau kehilangan.

3. Penyimpanan sistem operasi: SSD Eksternal dapat digunakan untuk menyimpan sistem operasi dan aplikasi, sehingga dapat digunakan sebagai media boot untuk mempercepat proses booting dan meningkatkan performa sistem.

4. Penyimpanan media: SSD Eksternal dapat digunakan untuk menyimpan media seperti film, musik, dan game, sehingga dapat digunakan untuk menonton atau bermain media pada perangkat mobile.

7 Alasan Menggunakan SSD Eksternal bagi Pekerja Kreatif ataupun Influencer

5. Penyimpanan data korporat: SSD Eksternal dapat digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan data korporat yang sensitif, seperti dokumen, data pelanggan, atau data keuangan, dan dapat diakses oleh karyawan yang dibutuhkan saat bepergian.

6. Penyimpanan data arsip : SSD Eksternal dapat digunakan untuk menyimpan data arsip yang tidak sering digunakan, sehingga tidak mengambil ruang pada perangkat utama.



7. Penyimpanan data untuk editing: SSD Eksternal dapat digunakan untuk menyimpan data yang digunakan dalam proses editing, seperti foto atau video, sehingga dapat digunakan sebagai media penyimpanan untuk aplikasi editing yang memerlukan kecepatan akses datayangtinggi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)