7 Perbedaan SSD dan HDD dari Cara Kerja, Komponen, Kecepatan serta Harga

Rabu, 16 November 2022 - 16:56 WIB
loading...
7 Perbedaan SSD dan HDD dari Cara Kerja, Komponen, Kecepatan serta Harga
SSD dan HDD merupakan software penyimpanan pada perangkat laptop maupun PC. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - SSD dan HDD merupakan software penyimpanan pada perangkat laptop maupun PC. Dalam pengoperasiannya terdapat beberapa hal yang berbeda dari kedua komponen ini.

Saat ini laptop dan PC sudah mulai banyak yang beralih ke SSD dan meninggalkan HDD. Pergeseran ini disebabkan karena kinerja SSD yang lebih mumpuni ketimbang HDD.

Baca juga : Ini Beda SanDisk Extreme dan Extreme Pro Portable SSD

SSD (Solid State Drive) merupakan inovasi penyimpanan data terbaru yang bekerja menggunakan chip memory yang tertanam dalam PC atau laptop.

Sedangkan HDD (Hard Disk Drives) merupakan hardware yang berupa piringan cakram yang bergerak untuk memproses data yang akan disimpan.

Sementara untuk perbedaan SSD dan HDD adalah sebagai berikut :

1. Cara Kerja

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara kerja SSD yang berupa chip ini dapat memproses data yang akan disimpan dengan sistem digital. Sementara HDD masih menggunakan piringan cakram.

Dari segi cara kerja SSD terbilang lebih efektif karena sistem prosesnya dengan transfer partikel dalam chip sehingga tidak ada jeda. Dalam sistem HDD yang membaca file dalam satu gerakan piringan membuat akan terdapat jeda dalam prosesnya.

2. Kecepatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)