Perbedaan Jenis Sistem File FAT32, exFAT, NTFS, dan Mac OS Extended

Minggu, 25 September 2022 - 18:00 WIB
loading...
Perbedaan Jenis Sistem File FAT32, exFAT, NTFS, dan Mac OS Extended
Perbedaan jenis sistem file saat memformat PC, HDD atau USB Drive penting diketahui. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Perbedaan jenis sistem file harus diketahui. Sebab, terkadang Anda perlu menghapus semua data di dalam drive, atau membuat drive yang kompatibel dengan berbagai jenis komputer.

Formatting sendiri merupakan proses mempersiapkan perangkat penyimpanan seperti hard drive, solid-state drive, flash drive, dan lainnya.

Proses ini menghasilkan sistem pengarsipan yang mengelola data dan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan ruang penyimpanan untuk file. Memformat drive biasanya dilakukan saat akan menggunakan sistem operasi baru atau membutuhkan ruang tambahan.

Ada 2 jenis format USB Drive seperti dilansir dari keterangan resmi Kingston:

a. Format cepat: Menghapus tabel sistem file dan folder root. Pilihan ini sering digunakan agar flash drive USB dapat mengosongkan ruang yang tersedia secara efisien untuk memindahkan atau menyimpan file lainnya.

b. Format penuh: Sektor yang buruk akan dipindai dan menuliskan nol di semua sektor, yang berarti menghapus semua data secara permanen.

Perbedaan Jenis Sistem File di Komputer PC dan Mac
Saat memformat drive, penting untuk memahami perbedaan pilihan pemformatan yang tersedia untuk penggunaan yang sesuai. Sistem file yang paling umum digunakan dalam flash drive USB:

a. FAT32 mudah dikenali oleh sistem operasi Mac dan Windows, memiliki kapasitas file berukuran 4 GB, tetapi tidak memiliki keamanan. Sebagian besar USB flash drive memiliki sistem file FAT32. FAT32 adalah sistem file yang paling kompatibel untuk komputer lama/modern (PC dan Mac), konsol gim, dan perangkat dengan port USB.

b. exFAT adalah sistem file yang ideal untuk flash drive USB. Sistem ini tidak memiliki batas ukuran file sebesar 4GB dan kompatibel dengan sebagian besar sistem operasi Windows dan Mac.

c. NTFS adalah sistem file favorit Windows yang digunakan secara default untuk pengoperasian sistem oleh drive internal atau digunakan sebagai drive penyimpanan sekunder. Sistem ini memiliki ukuran file maksimal yang lebih besar tetapi hanya dapat dibaca di Mac OS X (kecuali Anda menginstal utilitas baca/tulis NTFS pihak ketiga).

d. Mac OS Extended adalah solusi asli untuk pengguna Mac dan memiliki ukuran file maksimal dari sistem file lain di atas. Pilih pilihan ini hanya jika drive Anda akan digunakan di Mac OS. Windows tidak dapat mendeteksi sistem file ini tanpa utilitas pihak ketiga.

BACA JUGA: Tips YouTube Shorts yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa alat yang tersedia untuk menggunakan NTFS pada Mac (Fuse) atau HFS pada PC (HFSExplorer). Untuk pengguna Windows dan Mac OS sehari-hari, terdapat pilihan lain yaitu dengan cara membuat partisi di hard drive dan membagi drive yang terformat untuk setiap OS.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1803 seconds (11.210#12.26)