Alasan SSD Eksternal Lebih Diminati Dibanding HDD Eksternal

Selasa, 19 September 2023 - 16:30 WIB
loading...
Alasan SSD Eksternal Lebih Diminati Dibanding HDD Eksternal
SSD Eksternal jauh lebih ringkas, ringan, serta cepat dibandingkan dengan HDD eksternal. Tampak Kingston XS1000 dibandingkan HDD eksternal lain. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Penyimpanan eksternal tetap dibutuhkan bagi mereka yang sering bepergian. Selain kapasitas penyimpanan laptop terbatas, ada baiknya kita selalu memiliki cadangan terhadap file-file pribadi. Baik di cloud seperti Google Photos atau Apple iCloud. Juga di perangkat penyimpanan eksternal seperti SSD atau HDD.

Nah, berikut 5 alasan mengapa SSD eksternal penting digunakan oleh para pekerja dengan mobilitas tinggi:

1. Kecepatan

SSD eksternal menggunakan flash memory untuk menyimpan data, yang menawarkan kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi daripada HDD eksternal yang menggunakan disk magnetis. Hal ini dapat menghemat waktu para pekerja saat mengakses file dan data mereka.

2. Portabilitas

SSD eksternal berukuran lebih kecil dan lebih ringan daripada HDD eksternal. Hal ini membuat SSD eksternal lebih mudah dibawa-bawa oleh para pekerja dengan mobilitas tinggi. SSD eksternal juga lebih mudah disimpan di dalam tas atau koper.

3. Daya tahan

SSD eksternal tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga lebih tahan terhadap guncangan dan benturan. Hal ini penting bagi para pekerja yang sering membawa SSD eksternal dalam perjalanan. SSD eksternal juga lebih tahan terhadap debu dan kotoran.

4. Keamanan

SSD eksternal dapat dilindungi dengan kata sandi atau perangkat lunak keamanan lainnya. Hal ini penting untuk menjaga keamanan data para pekerja. Para pekerja dapat menggunakan kata sandi yang kuat untuk melindungi SSD eksternal mereka dari akses oleh orang yang tidak berwenang.

5. Ketersediaan

SSD eksternal tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Para pekerja dapat memilih SSD eksternal yang sesuai dengan kebutuhan mereka. SSD eksternal tersedia dengan kapasitas mulai dari 128 GB hingga 2 TB atau lebih.

Secara keseluruhan, SSD eksternal adalah alat yang penting bagi para pekerja dengan mobilitas tinggi. SSD eksternal dapat membantu meningkatkan produktivitas, keamanan, dan kemudahan penggunaan.

Cara Memilih SSD External yang Tepat

Alasan SSD Eksternal Lebih Diminati Dibanding HDD Eksternal

Dengan ukuran yang ringkas,Kingston XS1000 sangat mudah dibawa-bawa. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli dan memilih ssd eksternal yang tepat, sebagai berikut:

1. Kapasitas: Pertimbangkan berapa banyak data yang akan disimpan pada SSD Eksternal dan pastikan kapasitas yang dipilih cukup untuk menyimpan semua data tersebut.

2. Kecepatan Akses Data: Pertimbangkan kecepatan akses data yang dibutuhkan dan pastikan SSD External yang dipilih memiliki kecepatan yang cukup untuk menunjang aplikasi yang akan digunakan.

3. Interface: Pertimbangkan perangkat yang akan digunakan untuk menghubungkan SSD External, dan pastikan interface yang digunakan kompatibel dengan perangkat tersebut.

4. Fitur Keamanan: Pertimbangkan apakah data yang akan disimpan memerlukan fitur keamanan seperti enkripsi atau password, dan pastikan SSD External yang dipilih memiliki fitur tersebut.



5. Tampilan dan Desain: Pertimbangkan juga desain dan tampilan dari SSD External yang akan dipilih, pastikan sesuai dengan selera dan kebutuhan.

6. Harga : Pertimbangkan harga yang ditawarkan, pastikan harga SSD External yang dipilih sesuai dengan kapasitas dan fitur yang ditawarkan.

7. Garansi : Pastikan SSD External yang dipilih memiliki garansi yang cukup dan dari vendor yang resmidanterpercaya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)