Orang TI Perlu Baca, 8 Prediksi Cloud dan Inovasi Teknologi Digital di 2021

Selasa, 16 Februari 2021 - 08:31 WIB
loading...
A A A
Pada acara tahunan AWS re:Invent 2019, AWS mengumumkan ketersediaan layanan Amazon Braket untuk pengembang dan peneliti, dan pada tahun berikutnya, Amazon Braket dinyatakan tersedia bagi semua orang dan bisa digunakan mulai dari harga 30 sen saja.

Paul Chen mengakui quantum computing memang masih berada pada tahap sangat awal, namun penting sekali untuk menjamin ketersediaannya agar teknologi tersebut dapat digunakan oleh mereka yang memiliki ide-ide besar dan ingin mewujudkannya.

8. Antariksa, Lini Terakhir untuk Dijelajahi
Antariksa atau luar angkasa juga merupakan bidang yang sedang diminati oleh banyak lembaga dan organisasi, tak terkecuali penyedia teknologi seperti AWS.

Teknologi satelit digunakan oleh ahli pangan untuk membuat proyeksi pasokan pangan di sekeliling dunia, oleh lembaga kelautan untuk memantau dan menjaga biota bawah laut, oleh startup untuk membangun infrastruktur jaringan yang kian cepat dan aman, serta kegunaan lain seperti ramalan cuaca, upaya anti-bajak laut, dan pengamatan fenomena alam. Penerapannya akan sangat berguna untuk Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang terdiri atas ribuan pulau.

Dengan teknologi satelit, pemindaian tidak lagi dilakukan secara horizontal yang memakan waktu, biaya, dan tenaga, melainkan langsung secara vertikal dari atas, alias bird’s-eye view. Pelanggan dapat menggunakan layanan AWS Ground Station untuk mengendalikan proses komunikasi dengan satelit serta pemrosesan data tanpa harus membangun infrastruktur stasiun Bumi (ground station) tersendiri.

“Penemuan adalah investasi. AWS mendukung kebebasan untuk menemukan dan berinovasi bagi setiap orang, serta mendorong penyamarataan teknologi sebagai faktor penyeimbang dan aplikasi teknologi pada ranah-ranah terpenting,” pungkas Paul Chen.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3014 seconds (0.1#10.140)