Orang TI Perlu Baca, 8 Prediksi Cloud dan Inovasi Teknologi Digital di 2021

Selasa, 16 Februari 2021 - 08:31 WIB
loading...
A A A
AWS ML stack, atau ragam solusi yang berada di balik keseluruhan teknologi machine learning AWS, terdiri atas kegunaan yang sangat luas, antara lain: pengenalan imaji, suara (percakapan) dan teks, pencarian, chatbot, personalisasi, prakiraan, deteksi upaya penipuan, dan contact center.

Manfaat penggunaan teknologi ML AWS adalah undifferentiated heavy lifting atau beban kerja yang “tidak penting” sepenuhnya dilakukan oleh AWS. Walaupun setiap bisnis pastinya dapat merasakan manfaat menggunakan teknologi ML, AWS memiliki solusi-solusi yang dikhususkan untuk sektor layanan kesehatan dan sektor manufaktur atau industrial.

3. Gambar, Video dan Suara akan Berdampak Lebih Besar Dibanding Tulisan
Sekarang, mengetik dengan keyboard, baik untuk berekspresi di media sosial dan berkomunikasi dengan mesin, mulai digantikan dengan berbagai medium lain seperti gambar, video, maupun suara. Pergeseran tersebut menambah dimensi kenyamanan baru bagi pengguna, terutama mereka yang buta huruf atau memiliki suatu kecacatan yang menyulitkan mereka untuk mengetik.

Di Ghana, Afrika, perusahaan bernama Cowtribe memampukan peternak untuk mengisi ulang pasokan makanan, vaksin, serta bahan-bahan esensial lainnya untuk hewan ternaknya hanya dengan mengirimkan perintah suara yang sederhana.

4. Teknologi Dorong Transformasi Digital
Perkotaan yang sekarang dihuni sekian banyak penduduk sejatinya dibangun atas dasar pemahaman yang telah berusia beberapa dekade atau bahkan berabad-abad. Pembatasan mobilitas selama pandemi pun menyingkapkan kelemahan dari konsep-konsep yang sudah usang, seperti pada distrik perkantoran tempat orang bekerja.

Dengan teknologi analitika data, tata kota dapat diatur untuk memaksimalkan dampak positif social distancing tetapi tanpa terasa terlalu berjauhan, sehingga komunitas bisa menjadi lebih aman, sehat, dan berjalan dengan lebih baik dan efisien. Sebagai contoh, administrasi kota dapat menggunakan teknologi analitika data termutakhir untuk menganalisis pola pergerakan pejalan kaki dan bagaimana penduduk memiliki kebiasaan berkeliling sekitar kota.

Selain untuk mendukung peningkatan kesehatan publik, nantinya wawasan tersebut juga bisa diterapkan untuk menciptakan pengalaman berwisata yang lebih menyenangkan, seperti stadion dan museum.

Di Indonesia, salah satu penerapan yang mungkin ditinjau lebih lanjut adalah perencanaan tata kota untuk ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

5. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Meningkat
Sebelum tahun 2020, sebenarnya beberapa universitas telah menawarkan kursus online sebagai pelengkap program edukasi yang mereka tawarkan. Namun, kebanyakan institusi pendidikan – baik sekolah maupun perguruan tinggi – telah beroperasi dengan cara yang sama sejak dahulu kala. Konsepnya sama: datang ke sekolah atau kampus, belajar, dan pulang kembali ke rumah.

Pandemik telah menjadikan pendidikan sebagai salah satu sektor yang paling banyak bertransformasi selama 2020. Tahun 2021 ini akan menjadi tahun pembuktian bagi pendidikan online sebagai fasilitator kegiatan belajar-mengajar jarak jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2922 seconds (0.1#10.140)