Single Take 2.0 Mengutilisasi Kecanggihan Quad Camera Galaxy S21 Ultra 5G

Rabu, 03 Februari 2021 - 22:05 WIB
loading...
Single Take 2.0 Mengutilisasi Kecanggihan Quad Camera Galaxy S21 Ultra 5G
Cukup sekali klik, pengguna Galaxy S21 Ultra 5G bisa merekam momen foto dan video yang seru dan menarik.
A A A
JAKARTA - Single Take adalah cara baru mengabadikan momen di smartphone. Dimulai di Samsung Galaxy S20 , dan disempurnakan di Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Cukup sekali klik tombol shutter dan menggerak-gerakkan kamera selama 10 detik, pengguna sudah bisa mendapat konten foto dan video dari beragam sudut/angle, gaya, serta format secara otomatis. Bahkan bisa langsung dibagikan ke media sosial seketika itu juga.



Fitur Single Take ini soal momentum. Seringnya, kita dihadapkan pada momen serbacepat dan spontan. Misalnya saat kita ingin mengabadikan ekspresi suami, istri, atau anak yang diberikan kejutan hadiah ulang tahun.

Terkadang merekam konten berupa video saja rasanya tidak cukup. Sebab, ada kalanya kita ingin mengabadikan momen “surprise” yang spontan dan tidak akan terulang itu dalam bentuk video dan foto sekaligus. Fotonya untuk feed, sedangkan videonya untuk Story di Instagram

Nah, menggunakan Single Take, pengguna hanya perlu menekan satu tombol dan membiarkan kamera dan AI di Samsung Galaxy S21 Series 5G untuk menjadi fotografer, videografer, serta editor sekaligus.

Single Take Versi 2.0
Single Take 2.0 Mengutilisasi Kecanggihan Quad Camera Galaxy S21 Ultra 5G

Pembaruan yang dilakukan Samsung di Single Take 2.0 di Galaxy S21 Ultra 5G dibanding Single Take di Galaxy S20 cukup besar. Selain menggunakan kamera lebih bagus, peran artificial intelligence (A.I.) lebih besar, juga kemampuan memproses gambar lebih baik lewat chip Exynos 2100.

Single Take 2.0 bisa digunakan di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, Samsung Galaxy S21+ 5G, dan Samsung Galaxy S21 5G. Ketiganya sudah memakai software One UI 3.1.

Apa Fungsi Single Take 2.0?
Single Take menciptakan 14 komposisi berbeda dari sebuah video klip pendek. Mulai komposisi foto hitam putih, “golden” best shot, foto dengan filter, video boomerang, video slow motion, dan beberapa komposisi foto/video yang diambil menggunakan filter dan kecepatan berbeda.

Sehingga dalam satu klik, hampir semua fitur kamera Galaxy S21 Ultra 5G dioptimalkan sekaligus. Entah itu video, foto, Wide-angle, hingga 108 MP. Praktis.



Selain menambah pilihan lebih banyak komposisi dan konten, Single Take 2.0 juga lebih optimal dalam mengutilisasi prosesor dan AI untuk membantu menangkap ekspresi wajah. Alhasil wajah dan mata subyek yang tidak fokus atau blur mudah dihindari.

Cara Menggunakan Single Take 2.0
Buka kamera, lalu cari menu slider di bawah viewvinder. Menu Single Take adalah opsi pertama di sebelah kiri.

Sebelum memulai, penting untuk diingat bahwa Single Take adalah fitur video, bukan foto. Jadi, saat memakai Single Take harus sambil menggerakkan kamera secara berlahan ke kanan atau ke kiri. Arahkan kamera ke momen yang ingin diabadikan selama sekitar 10 detik.

Menariknya, jika memang Anda begitu sering menggunakan Single Take, ada menu pengaturan untuk membuat Single Take langsung aktif begitu kamera menyala. Sehingga, saat merekam video, tidak perlu memilih Single Take lagi.

Kustomisasi Single Take
Single Take 2.0 Mengutilisasi Kecanggihan Quad Camera Galaxy S21 Ultra 5G

Normalnya, Single Take 2.0 akan menciptakan 14 konten video dan foto “golden moment” berbeda yang direkam oleh AI. Nah, pengguna masih bisa menghilangkan mode pemotretan yang tidak diinginkan.

Caranya mudah, masuk ke mode Single Take. Lantas hilangkan centang “Types of shots to caputre” yang tidak diinginkan. Misalnya Anda tidak ingin komposisi Filtered Videos atau Portraits. Cukup hilangkan saja centangnya.

Durasi 10 Detik
Durasi klip maksimal yang bisa direkam Single Take adalah 15 detik. Pengguna lini produk Samsung Galaxy S21 Series 5G hanya perlu menyentuh tombol shutter selama waktu yang diinginkan.

5 detik adalah durasi minimal Single Take untuk merekam video. Hasilnya bisa dilihat di Gallery, dan pengguna bisa memilih custom shots yang sudah direkam oleh Single Take. Lalu, mengeditnya lagi dan membaginya ke sosial media seperti Story di Instagram.

Menarik Digunakan?
Single Take 2.0 Mengutilisasi Kecanggihan Quad Camera Galaxy S21 Ultra 5G

Begitu mudah digunakan, begitu beragam konten yang dihasilkan. Bagi Sindonews yang suka mengabadikan momen spontan dan cepat, Single Take 2.0 ini jadi fitur favorit.

Hasilnya mungkin tidak selalu cocok dengan kebutuhan pengguna. Tapi, dari pengalaman Sindonews, dari begitu banyak momen yang direkam, selalu ada 3-4 foto atau video yang seru dan layak dibagikan.

Sebab, fitur ini sangat mengutilisasi kemampuan Quad Camera (Ultra Wide 12MP, Wide-angle 108MP, dan Dual Tele-Lens 10MP) Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Bahkan, sering kali Sindonews malah terkejut bagaimana kreatifnya Single Take 2.0 memilah dan memproses momen yang sebenarnya biasa saja, menjadi momen yang istimewa, lucu, unik, dan layak di posting sebagai Story di Instagram.

Yang perlu dicatat, Single Take tidak cocok digunakan untuk memotret bunga, pemandangan, gedung, atau benda-benda yang tidak bergerak.



Dan yang jelas, fitur ini sangat berguna dan menarik untuk diulik lebih dalam. Sebab, jika paham mengoptimalkannya, seperti Sindonews, mode Single Take selalu aktif setiap menyalakan kamera di Galaxy S21 Ultra 5G.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3357 seconds (0.1#10.140)