Bak Sedang Gunakan DSLR, Ini Keunggulan Dual Tele-Lens Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Senin, 01 Februari 2021 - 16:48 WIB
loading...
Bak Sedang Gunakan DSLR, Ini Keunggulan Dual Tele-Lens Samsung Galaxy S21 Ultra 5G
Kamera Samsung S21 Ultra 5G mendefinisikan ulang Lensa Zoom di kamera smartphone berkat teknologi Dual Tele-Lens. Foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Teknologi Dual Tele-Lens Samsung Galaxy S21 Ultra 5G menjadi penyempurna teknologi telefoto di kamera ponsel saat ini. Akhirnya, konsumen benar-benar mendapat hasil foto dan video tele sebaik DSLR. Ya, sebaik DSLR yang menggunakan lensa tele!

Memang bukan yang pertama, tapi Samsung adalah pabrikan ponsel yang mempopulerkan tren penggunaan Ultra Wide Camera. Tepatnya lewat Galaxy S10 di awal 2019 silam.



Sukses dengan kamera Ultra Wide , kembali mereka ingin jadi yang terbaik di fitur Telephoto Camera. Tepatnya, lewat Samsung Galaxy S20 Ultra di awal 2020.

Hanya saja, teknologi Telephoto di ponsel jauh lebih menantang dan rumit dibanding teknologi kamera Ultra Wide. Sebab problem fitur Telephoto di smartphone ini memang banyak sekali. Mulai keterbatasan sensor kamera di ponsel, gambar yang pecah karena perbesaran digital, video atau foto yang mudah sekali goyang, sulit fokus di jarak dekat, hingga kualitas menurun di cahaya redup.

Bak Sedang Gunakan DSLR, Ini Keunggulan Dual Tele-Lens Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Engineer Samsung melebur 10x Hybrid Optical Zoom dan 100x Super Resolution Zoom untuk bisa mendapat kemampuan 100X Space Zoom di Galaxy S20 Ultra. Termasuk juga mengutilisasi kecerdasan buatan/AI, image sensor, serta lensa lipat.

Di Galaxy S21 Ultra 5G, teknologi tersebut mendapat banyak penyempurnaan. Akhirnya, Samsung bisa membawa teknologi Telephoto/zoom di kamera ponsel ke level baru yang belum pernah dicapai pabrikan ponsel manapun.

Untuk kali pertama, kemampuan zoom di kamera ponsel bisa dibilang setara dengan kamera DSLR yang memakai lensa tele.

Dual Tele-Lens
Bak Sedang Gunakan DSLR, Ini Keunggulan Dual Tele-Lens Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Demi mendapat hasil foto/video tele optimal di Galaxy S21 Ultra 5G, Samsung menggunakan solusi yang disebut Dual Tele-Lens atau lensa tele ganda. Ini berbeda dengan solusi lensa tele periskop tunggal 103 mm yang digunakan Galaxy S20 Ultra.

Dua lensa tele itu memiliki perbesaran berbeda. Lensa pertama memiliki focal lenght 70 mm (perbesaran 3x) untuk tele jarak menengah. Lalu, lensa kedua menggunakan focal lenght 240 mm (perbesaran 10x) untuk jarak lebih panjang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4854 seconds (0.1#10.140)