Fitur Kadar Gula Darah 'Nancep' di the Next Smartwatch Apple dan Samsung

Selasa, 26 Januari 2021 - 12:00 WIB
loading...
Fitur Kadar Gula Darah Nancep di the Next Smartwatch Apple dan Samsung
Fitur level darah dikabarjab akan tiba di Galaxy Watch 4 atau Galaxy Watch Active3. Foto/Ist
SEOUL - Apple dan Samsung dilaporkan sedang mengerjakan fitur untuk memantau gula darah yang rencananya akan hadir di model jam tangan pintar mereka berikutnya. Baca juga: Mau Hadir, realme Watch S Pro Berikan Perspektif Baru Smartwatch

Laporan dari kantor berita Korea, ET News, berfokus pada Samsung yang diharapkan untuk meluncurkan tiga perangkat wearable pada acara Unpacked kedua perusahaan tahun ini. Pada paruh kedua 2021, perangkat wearable Samsung akan diumumkan bersamaan dengan jajaran ponsel baru yang dapat dilipat.

Fitur level darah akan tiba di Galaxy Watch 4 atau Galaxy Watch Active3. Keduanya masih nama tentatif karena Samsung belum mengonfirmasi nama jam tangan berikutnya.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (26/1/2021), fitur tersebut menggunakan sensor optik yang dapat mendeteksi kadar glukosa (gula) darah yang sangat penting bagi penderita diabetes. Untuk pengecekan darah, biasanya dilakukan dengan pengambilan darah dan menggunakan alat yang mendeteksi jumlah glukosa dalam sampel darah.



Metode yang menurut laporan akan digunakan Samsung ini didasarkan pada Raman spectroscopy yang dikembangkan oleh penelitian Samsung dan MIT. Sensor optik mengumpulkan informasi dari panjang gelombang yang disebabkan oleh getaran material saat sinar laser tersebar setelah mengenai material. Keakuratan sinyal inilah yang telah dicapai oleh MIT dan Samsung.

Apple dan Samsung telah berhasil memperkenalkan kemampuan ECG di Apple Watch Series 6 dan Samsung Galaxy Watch 3. Tentu saja, kedua perusahaan harus mendapat persetujuan pemerintah sebelum fitur dapat diimplementasikan. Sebab ini adalah teknologi yang berhubungan medis. Baca juga: Vaksinasi Dimulai, Ekonomi RI Bisa Tumbuh 4% Tahun Ini
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE