Perkenalkan Menteebot, Robot AI Tanpa Kepala Buatan Israel

Jum'at, 26 April 2024 - 16:05 WIB
loading...
Perkenalkan Menteebot, Robot AI Tanpa Kepala Buatan Israel
Israel Mentee Robotics telah menciptakan robot humanoid tanpa kepala, Menteebot. (Foto: Interesting Engineering)
A A A
JAKARTA - Perusahaan Israel Mentee Robotics telah menciptakan robot humanoid tanpa kepala, Menteebot. Spesifikasi robot ini adalah membantu mengerjakan tugas-tugas rumah tangga dan industri. Selain dilengkapi beragam fitur menarik, kelebihan Mantebot adalah memiliki teknologi AI.

AI bawaan menjadikan robot ini mampu mempelajari tugas-tugas baru dengan cepat melalui perintah verbal dan imitasi visual. “Menteebot mewakili kemajuan signifikan dalam robotika humanoid dan dirancang untuk fungsionalitas komprehensif di berbagai lingkungan,” kata Mentee Robotics dalam video promosi di LinkedIn dilansir dari Interesting Engineering, Jumat (26/4/2024).

Selain teknologi AI, robot Menteebot juga dilengkapi sejumlah inovasi menarik lainnya, termasuk aktuator buatan yang terintegrasi penuh dengan sensor dan driver terintegrasi. Menteebot juga memiliki beragam sistem elektronik dan komunikasi yang disesuaikan.

Dari sisi ukuran, robot ini memiliki tinggi 175 cm dan berat 70 kg. Ia bisa berjalan dengan kecepatan 5,4 mil per jam (1,5 meter per detik) dan mampu membawa beban hingga 25 kilogram. Tidak seperti kebanyakan mesin sezamannya, Menteebot dibedakan oleh fakta bahwa ia tidak memiliki kepala, namun hal ini memberinya daya tarik tertentu yang pasti akan disukai oleh konsumen. Robot dapat beroperasi terus menerus hingga 5 jam sekali pengisian.



Menteebot menggunakan pembelajaran Sim2Real yang canggih, NeRF, untuk gaya berjalan dan gerakan tangan yang nyata. “Ini mengintegrasikan pemetaan dan lokalisasi 3D real-time, navigasi dinamis di lingkungan yang kompleks, dan model bahasa berskala besar untuk membuat peta kognitif dunia yang canggih dan pelaksanaan tugas,” tulis Mentee Robotics.

Harga perangkat ini masih menjadi misteri, namun diiklankan terjangkau. Pesanan unit perdananya sudah disiapkan untuk Q1 2025.

Robot Mantebot dirancang untuk penggunaan bisnis dan rumah tangga


Menurut situs web perusahaan, asisten rumah tangga Menteebot memang dirancang untuk membantu pekerjaan di sekitar rumah dengan mudah dan menangani tugas-tugas penting seperti menata meja, membersihkan, dan menangani cucian.



AI bawaan memungkinkan robot untuk mempelajari tugas-tugas baru dengan cepat melalui perintah verbal dan imitasi visual. Dalam lingkungan komersial seperti gudang, Menteebot dapat dengan mudah berfungsi sebagai robot otomatis.

Untuk mencapai tujuan ini, Mentee Robotics mengklaim bahwa robot tersebut dapat secara efisien menemukan, mengambil, dan mengangkut objek yang beratnya mencapai 25 kilogram.

“Ketangkasan Menteebot yang canggih memungkinkannya melakukan berbagai tugas dengan presisi, sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan gudang domestik dan industri. Ini merupakan langkah penting menuju masa depan yang lebih terintegrasi dan efisien, menyederhanakan proses di berbagai bidang,” tulis Mentee Robotics.

MG/ Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3257 seconds (0.1#10.140)
pixels