China Ciptakan Robot Humanoid Terkuat di Dunia

Selasa, 19 Desember 2023 - 22:30 WIB
loading...
China Ciptakan Robot Humanoid Terkuat di Dunia
H1 diklaim sebagai robot humanoid paling kuat di dunia dengan ukuran 5 kaki 11 inci dan berat 100 pound. (Foto: Fox News)
A A A
JAKARTA - Robot-robot humanoid semakin canggih dan beragam dengan fungsi serbaguna layaknya manusia. Terbaru, perusahaan asal China Unitree Robotics menciptakan robot humanoid H1.

H1 diklaim sebagai robot humanoid paling kuat di dunia dengan ukuran setinggi 5 kaki 11 inci dan berat 100 pound. Ia memiliki powertrain canggih yang memberikan tingkat kecepatan, daya, manuverabilitas, dan fleksibilitas tertinggi.

Dilansir dari Fox News, Selasa (19/12/2023), robot H1 dapat berjalan dengan kecepatan serupa dengan manusia, sekitar 3,4 mph, dan dapat menahan tendangan dan dorongan tanpa kehilangan keseimbangan.

Robot ini juga dilengkapi dengan sensor LiDAR 3D dan kamera untuk penglihatannya, sehingga secara akurat merasakan lingkungannya dan menghindari hambatan.



H1 bukan hanya prototipe, tapi robot yang sepenuhnya fungsional yang dapat melakukan berbagai tugas, seperti membawa benda, membuka pintu, dan bahkan menari. Bahkan juga dapat berkomunikasi dengan manusia menggunakan ucapan dan gerakan.

Robot H1 dirancang agar dapat beradaptasi dan disesuaikan, dengan komponen modular yang dapat dengan mudah diganti atau ditingkatkan. Unitree Robotics berencana menambahkan tangan ke robot H1 untuk meningkatkan kemampuannya.

Namun harga H1 tidak murah, sekitar USD150.000. Mungkin terdengar mahal, tetapi sebenarnya cukup wajar dibandingkan dengan robot humanoid lain di pasaran, seperti Atlas dari Boston Dynamics, yang harganya sekitar USD1 juta. Unitree mengklaim H1 adalah robot humanoid paling hemat biaya di dunia, dan di masa depan harganya akan semakin ramah di kantong.



Untuk saat ini robot H1 belum tersedia, tetapi sudah dapat dipesan di situs web Unitree. Perusahaan belum mengumumkan tanggal rilis resmi, tetapi beberapa rumor menyebut pada 2024. Unitree menyatakan sedang bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan robot ini dan membuatnya siap untuk produksi massal.

H1 adalah robot luar biasa yang menunjukkan potensi luar biasa dari robotika berkaki. Ini bukan hanya mesin yang kuat tetapi juga teman yang ramah dan cerdas yang dapat berinteraksi dengan manusia dan lingkungan. Ini adalah robot yang benar-benar bisa berjalan di antara manusia dan mungkin bahkan menjadi salah satu dari kita.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)