Robot Humanoid Buatan Indonesia, Bisa Joget hingga Olahraga

Kamis, 01 Februari 2024 - 12:29 WIB
loading...
Robot Humanoid Buatan Indonesia, Bisa Joget hingga Olahraga
Mahasiswa Telkom University Surabaya mengembangkan robot humanoid alpha 1e yang bisa menari dan berolahraga. (Foto: Hari Tambayong)
A A A
JAKARTA - Teknologi robot humanoid yang bisa menirukan gerakan manusia tengah dikembangkan di Indonesia. Mahasiswa Telkom University Surabaya mengembangkan robot humanoid bernama alpha 1e yang bisa menari dan berolahraga. Bahan baku robot humanoid didatangkan dari China .

Terdapat lebih dari 10 gerakan yang bisa dilakukan oleh robot humanoid karya mahasiswa teknik komputer ini. Mereka bisa berjalan, berjoget, menendang, push up bahkan berdiri dengan satu kaki. Cara kerja robot ini diperintah melalui aplikasi pada Android menggunakan Bluetooth.

Mahasiswa menggunakan coding di dalam aplikasi alpha 1e, yakni coding dengan drag and drop dalam dunia robotic. “Jadi ini merupakan ubtech humanoid robot alpha 1e punya aplikasi sendiri dengan nama alpha 1e ada koding kita nyebutnya dengan gerak aksi sudah ada, kita membuat koreo baik dan bagus, robot ini bisa menari ataupun push up ataupun kreatifitas kita dengan kebebasan seperti itu dapat membuat apa saja dari robot ini,” kata Muhammad Ardiansyah Alfais, mahasiswa jurusan teknik komputer Telkom University Surabaya.



Setelah fase pengembangan, tim robot humanoid berupaya membuat sendiri perangkat keras dan perangkat lunak agar produksinya lebih masif membantu kerja manusia. Untuk sementara, pengembangannya membuat kreasi gerak pada robot contoh.



“Sekarang kita mulai dari awal hardware sampai software, setelah bisa membuat robotnya sendiri harapannya kita gunakan keperluan membantu kerja manusia membawa barang, menuntun orang tua dan lain sebagainya,” ujar Hendi Prihantoro, dosen Teknik Komputer Telkom University Surabaya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)