Mengenal Teknologi Penyimpanan Data NAS, Canggih tapi Kurang Dilirik

Sabtu, 09 September 2023 - 17:01 WIB
loading...
Mengenal Teknologi Penyimpanan Data NAS, Canggih tapi Kurang Dilirik
Network Attached Storage (NAS) dianggap menawarkan banyak kelebihan bagi perusahaan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Teknologi Network Attached Storage (NAS) dianggap jadi salah satu solusi untuk menangkal banyaknya kejahatan siber seperti ransomware. Sayangnya, banyak yang belum memahami betapa powerful-nya teknologi tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Regional Marketing Synology Inc Joevita Evadne dalam kunjungannya ke SINDONews belum lama ini. Menurut Joevita, masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang familiar dengan NAS. Juga, belum teredukasi dengan manfaat dari sistem penyimpanan tersebut.

”Ada juga yang hanya tahu sebagian soal NAS . Tapi tidak merasa butuh, padahal teknologi ini sangat ampuh dalam menghadapi berbagai serangan siber, termasuk pengelolaan data yang lebih efisien,” ungkapnya.

Network Attached Storage (NAS) sendiri merupakan perangkat penyimpanan data yang terhubung ke jaringan. NAS menyediakan penyimpanan data yang dapat diakses oleh perangkat apa pun yang terhubung ke jaringan, termasuk komputer, laptop, tablet, dan smartphone.

NAS biasanya terdiri dari satu atau lebih hard drive yang terpasang di dalam perangkat. NAS juga memiliki perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses data.

Beberapa contoh kegunaan NAS:

1. Menyimpan dan berbagi file: NAS dapat digunakan untuk menyimpan file, seperti dokumen, foto, dan video. File-file ini dapat diakses oleh perangkat apa pun yang terhubung ke jaringan.

2. Melakukan backup data: NAS dapat digunakan untuk melakukan backup data dari komputer atau perangkat lainnya. Backup data ini dapat digunakan untuk memulihkan data jika terjadi kehilangan atau kerusakan data.

3. Menjalankan aplikasi: NAS dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi, seperti server web, server email, dan server media.

Menurut Joevita, yang sebenarnya perlu dilakukan agar masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan NAS adalah melakukan pendekatan yang berbeda.
“Jika selama ini edukasinya ke arah apa itu NAS, kini yang harus dilakukan adalah mengedukasi dampaknya,” ujar Joevita.

Menurutnya, masyarakat Indonesia cenderung menerima jika edukasi ditargetkan ke pokok masalahnya, bisa dengan memberi tahu kelebihan NAS menggunakan contoh kasus, atau bisa juga dengan memberikan pembahasan yang sesuai dengan situasi di Indonesia.


Nah, berikut beberapa keunggualan NAS dibandingkan penyimpanan data tradisional:

1. Fleksibilitas
NAS dapat diakses dari perangkat apa pun yang terhubung ke jaringan.

2. Keamanan
NAS dapat dikonfigurasi untuk memberikan keamanan yang lebih baik untuk data.

3. Efisiensi
NAS dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi penyimpanandata.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3604 seconds (0.1#10.140)
pixels