Apa Itu Cloud Storage dan Mengapa Kita Harus Memakainya di 2021?

Senin, 17 Mei 2021 - 10:15 WIB
loading...
Apa Itu Cloud Storage dan Mengapa Kita Harus Memakainya di 2021?
Cloud storage untuk konsumen memudahkan penyimpanan file foto dan video dan bisa di akses kapan saja. Foto/Ist.
JAKARTA - Tak bisa dipungkiri, teknologi mempermudah kehidupan manusia saat ini. Di antaranya peradaban teknologi penyimpanan data yang telah berevolusi semakin canggih dah mudah.

Dengan keberadaan internet, penyimpanan data saat ini sudah bisa menggunakan penyimpanan awan atau cloud storage. Media ini semakin marak dan populer digunakan oleh banyak orang.

BACA JUGA: Pevita Pearce Resmi Jadi Brand Ambassador PUBG Mobile, Warganet: Siap Kak!

Secara harfiah, cloud storage berarti penyimpanan data di awan. Tapi bukan berarti awan yang ada di langit, melainkan hanya sebuah istilah.

"Cloud sebuah komputer yang menyimpan data secara jarak jauh, sehingga keluar sebuah istilah penyimpanan data di awan atau cloud," jelas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), di akun Instagram resminya.



Apa Itu Cloud Storage dan Mengapa Kita Harus Memakainya di 2021?

Cloud storage adalah media penyimpanan fail berbasis daring atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

Beberapa media cloud storage yang sangat populer saat ini adalah Google Drive, One Drive, iClous, dan Dropbox.

Menariknya, cloud storage bisa diakses secara gratis, dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Selain itu, penyimpanan lebih besar menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA: Ngeri, Industri Kesehatan Irlandia Diserang Ransomware, Rumah Sakit Lumpuh

Ada beberapa keuntungan dari penggunaan cloud storage. Di antaranya data fail tidak mudah rusak, penyimpanan data tidak membutuhkan perangkat keras seperti flashdisk atau hardisk karena mengandalkan koneksi internet.



Selain itu, media ini mudah diakses, hemat biaya, keamanan lebih terjaga, dan terakhir ramah lingkungan karena tidak membutuhkan perangkat sehingga tidak akan meninggalkan limbah.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE