Literasi Digital Indonesia Rendah, Kalah Telak dari Malaysia

Kamis, 18 Januari 2024 - 20:32 WIB
loading...
Literasi Digital Indonesia Rendah, Kalah Telak dari Malaysia
Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo Hary Budiarto menyebut literasi digital Indonesia masih rendah, kalah telak dari Malaysia. (Foto: Tangguh Yudha)
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut literasi digital Indonesia masih terbilang rendah. Bahkan jika dibandingkan Malaysia, Indonesia kalah telak.

Berdasarkan paparan Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo Hary Budiarto sepanjang tahun 2023 rata-rata Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) ada di angka 43,18. Padahal Malaysia sudah menyentuh 60.

Menurut Hary, literasi digital masyarakat Indonesia saat ini masih berada di kelas dasar. Ia menambahkan hal ini disebabkan oleh minat masyarakat untuk melek digital masih sangat kurang.

"Kalau dibagi kelas, ada basic, mid, advance. Indonesia masih kelas basic. Kecuali IMDI ada di angka 70, itu sudah advance. Jadi wajar kalau masih ada kebocoran data karena kelasnya masih basic," kata Hary, Kamis (18/1/2024).



Hary menyampaikan, saat ini infrastruktur digital di Indonesia sebenarnya sudah sangat memadai, bahkan tinggi. Pemerintah pun sudah menggalakkan berbagai program untuk meningkatkan literasi digital Indonesia, namun kurang peminat.



Ia mengatakan saat ini minat masyarakat Indonesia masih sebatas membuat konten untuk menjadi YouTuber. Untuk program-program yang lebih advance seperti data science dan cyber security masih sangat rendah.

"Kalau kita tawarkan pelatihan tidak ada yang minat. Kalau kita buka tentang kreator videografis baru banyak. Jadi masih seperti itu. Minatnya yang kurang padahal infrastruktur digital sudah bagus," kata Hary.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2164 seconds (0.1#10.140)