8 Faktor Penting dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik

Selasa, 31 Mei 2022 - 13:32 WIB
loading...
A A A
4. Antarmuka Untuk Pengguna & Kompleksitas
Sebagian besar pemilik bisnis tidak memiliki latar belakang akuntansi. Namun, jika Anda memiliki seorang akuntan yang akan berencana menggunakan software akuntansi, sebagai pemilik bisnis, Anda harus dapat login untuk memeriksa setiap laporan keuangan bisnis Anda.

Selain itu, Anda harus memilih software akuntansi yang cukup mudah untuk dioperasikan oleh Anda dan karyawan Anda. Jika software akuntansi telah dilengkapi dengan fitur yang mungkin tidak dapat Anda bayangkan, itu berarti akan menjadi software yang sulit digunakan untuk tim Anda.

Jadi, gunakan software akuntansi yang memiliki antarmuka untuk pengguna yang sederhana dan tidak perlu banyak fitur yang tidak perlu. Antarmuka yang ringan dan simple memudahkan Anda untuk fokus pada tugas-tugas penting dan mempermudah Anda dalam proses pembelajaran software itu sendiri.

5. Skalabilitas
Banyak bisnis membuat kesalahan dengan membeli software akuntansi yang hanya sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka pada saat pembelian. Kemudian, ketika bisnis mereka mulai tumbuh, software akuntansi gagal untuk mengatasi kemajuan dan akhirnya pemilik bisnis harus bermigrasi ke software lain.

Perlu diketahui, migrasi data dari sistem yang ada ke software lain bisa sangat rumit dan merepotkan.

Jadi, pilihlah software akuntansi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa perangkat lunak hanya menawarkan satu versi produk dan beberapa versi progresif tergantung pada jenis atau ukuran bisnis. Gunakan software yang menawarkan langsung banyak fitur tanpa perbedaan harga.

Memang, mungkin akan ada banyak fitur yang tidak Anda butuhkan sekarang tetapi bisa digunakan saat Anda butuhkan di masa depan. Dan saat itu terjadi bisnis Anda sudah siap, dan tidak perlu melakukan adaptasi lagi.

6. Pilihan Ekspor Data
Bayangkan jika perusahaan tempat Anda membeli software akuntansi tersebut berhenti beroperasi atau Anda menemukan banyak bug beberapa bulan setelah pembelian. Untuk menyelamatkan diri dari situasi seperti itu, pastikan bahwa software akuntansi menyediakan fasilitas ekspor data.

Anda harus dapat mengekspor buku besar atau transaksi lainnya setidaknya dalam bentuk excel karena sebagian besar software lain akan menerima file excel untuk impor. Jika kenyataannya seperti ini, sebagai praktik yang paling baik, Anda harus selalu membuat cadangan data Anda secara berkala.

7. Biaya Tersembunyi
Beberapa penyedia software mungkin mengenakan biaya untuk dukungan atau peningkatan. Kadang-kadang, awalnya software tersebut dijual dengan biaya lebih rendah dan kemudian Anda dipaksa untuk membeli ‘add-on‘ atau membayar ‘biaya pemeliharaan’.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2470 seconds (0.1#10.140)