Industri yang Cocok dan Efektif Menggunakan Sistem Absensi Online

Selasa, 31 Mei 2022 - 13:44 WIB
loading...
Industri yang Cocok dan Efektif Menggunakan Sistem Absensi Online
Foto kredit. Freepik
A A A
JAKARTA - Bagi perusahaan pada umumnya di saat pandemi Covid-19 saat ini, menuntut para pekerja untuk tetap produktif dan selalu efisien dalam bekerja.

Perusahaan memerlukan berbagai terobosan atau inovasi baru dalam mengelola karyawan dengan sebaik-baiknya. Hal ini menjadi isu dan prioritas utama yang harus dilakukan.

Adanya sistem pengelolaan karyawan atau SDM yang baik tentu saja akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan serta meningkatkan profitabilitas bagi bisnis.

Mari kita lihat beberapa contoh untuk kondisi saat ini, perusahaan seperti yang bergerak di industri jasa, retail, kesehatan, manufaktur, mining & energy, bahkan pemerintah serta swasta lainnya hingga outsourcing harus cerdas dalam mengelola SDM atau karyawannya.

Banyak cara yang dapat digunakan dalam mengelola karyawan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi absensi dengan berbasis mobile (online).

Tentunya dalam melakukan pekerjaan akan menjadi tantangan tersendiri bagi HR (Human Resource) perusahaan.

Apalagi jika perusahaan telah memiliki tenaga kerja dengan jumlah yang sangat banyak, ditambah lagi jika memiliki penempatan operasional yang berada di lokasi yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika pengelolaan karyawan masih dilakukan secara manual (konvensional) akan sangat tidak efektif apalagi jika berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan administratif karyawan.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, masih banyak perusahaan-perusahaan di luar sana yang menerapkan sistem absensi secara konvensional bukan absensi online. Sebab dianggap lebih mudah untuk menggunakannya.

Salah satu yang menjadi aspek penting adalah dalam pencatatan kehadiran karyawan. Bayangkan jika Anda harus melakukan pencatatan kehadiran karyawan secara manual, bahkan menggunakan tools yang juga data-nya masih perlu di screening, tentu akan lebih banyak menguras tenaga.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)