6 Tips Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Sabtu, 26 Februari 2022 - 07:42 WIB
loading...
A A A
3. Gunakan internet dengan bijak
Layanan seluler menyedot baterai lebih besar ketimbang wi-fi. Maka dari itu, saat sedang berinteraksi di dunia maya, jika memungkinkan, gunakan koneksi data dari Wi-Fi. Apalagi, penggunaan Wi-Fi juga bisa menghemat kuota data seluler.

4. Atur layar
Kecerahan layar yang cukup tinggi ternyata juga mampu menyedot baterai dalam jumlah besar. Bahkan layar merupakan musuh baterai paling utama. Maka dari itu, atur kecerahan layar serendah mungkin dari fitur Pengaturan smartphone. Atau bisa juga menggunakan fitur

Adaptive Brightness yang membuat kecerahan layar diatur secara otomatis tergantung pada situasi dan kondisi pencahayaan di sekitar.
Selain itu, atur kunci layar dalam durasi yang lebih cepat. Yang terbaik adalah pengaturan kunci layar selama 15 detik saat smartphone tidak digunakan.

5. Batasi lokasi dan data
Hampir semua aplikasi butuh info lokasi perangkat atau location services. Ini juga salah satu fitur yang boros baterai. Oleh karena itu, sebisa mungkin matikan Location Service melalui Pengaturan. Bisa juga menonaktifkan opsi Location and Google Search karena semua fitur ini membutuhkan konsumsi baterai yang cukup besar.

6. Gunakan mode hemat baterai
Mode hemat baterai bisa dibilang jadi “pahlawan” bagi perangkat smartphone. Hampir semua pabrikan smartphone memiliki fitur ini untuk bisa menghemat baterai hingga bertahan lebih lama dari yang diharapkan.

Fitur penghemat baterai secara otomatis mematikan aplikasi yang ada di background, mampu mengelola aplikasi dengan baik, mengendalikan pengaturan pada smartphone secara otomatis, dan yang terpenting, secara otomatis menonaktifkan aplikasi yang boros baterai.
(dan)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1915 seconds (11.252#12.26)