Fitur Android 15 Bisa Memprediksi Umur Komponen Penyimpanan

Minggu, 21 April 2024 - 08:56 WIB
loading...
Fitur Android 15 Bisa Memprediksi Umur Komponen Penyimpanan
Fitur Android 15. FOTO/ CNET
A A A
BEIJING - Bocoran yang mencuat beberapa waktu lalu mengonfirmasi bahwa Android 15 mendatang akan menampilkan informasi kesehatan baterai. Namun rupanya tidak hanya itu saja, rumor terbaru mengatakan sistem operasi tersebut juga bisa memprediksi umur komponen penyimpanan.



Melansir Android Authority, Jumat (19/4/2024) Google diketahui tengah berencana menampilkan informasi tentang berapa sisa umur komponen penyimpanan perangkat. Baik informasi kesehatan baterai maupun umur komponen penyimpanan akan muncul di aplikasi Device Diagnostics.

Aplikasi ini digadang-gadang akan menggunakan API masa penyimpanan baru di Android 15 yang mengembalikan sisa masa pakai perangkat penyimpanan internal, sebagai persentase bilangan bulat. Jika API mengembalikan 90, misalnya, itu berarti 90% masa pakai perangkat penyimpanan tetap ada.

Meskipun patch yang dirujuk di atas belum digabungkan ke AOSP, API-nya sudah ada dan diaktifkan di rilis terbaru Android 15 beta 1. Hal ini karena patch yang dikirimkan Google ke AOSP telah digabungkan ke dalam basis kode Android internal Google, yang sebenarnya digunakan oleh perusahaan untuk membuat Android build-nya. API itu sendiri hanya membuat informasi yang sudah dikumpulkan Android tersedia untuk aplikasi (sistem).

Deskripsi patch awal yang mengimplementasikan API baru ini menyatakan bahwa patch tersebut hanya sedikit berbeda dari API sebelumnya, yang ada untuk pemeliharaan idle. Pemeliharaan idle adalah ketika Android memangkas blok yang tidak digunakan dalam sistem file, yang berguna untuk chip penyimpanan flash.

Pemangkas blok yang tidak terpakai secara berlebihan dapat mengurangi masa pakai chip penyimpanan, oleh karena itu penting untuk memeriksa kesehatan chip UFS dan menjalankan pemeliharaan idle dengan cerdas. Android 13 sebenarnya memperkenalkan layanan pemeliharaan idle yang lebih cerdas untuk tujuan ini.

Patch awal juga menyebutkan bahwa nilai ini dimaksudkan untuk ditampilkan kepada pengguna, sehingga kemungkinan besar pengguna akan mendapatkan akses ke aplikasi Diagnostik Perangkat dalam rilis beta mendatang.

Namun, hanya beberapa perangkat (seperti jajaran Pixel milik Google) yang akan melaporkan sisa masa penyimpanan pada tingkat perincian 1%, sementara perangkat lain akan melaporkan dengan tingkat perincian 10% yang kurang akurat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5155 seconds (0.1#10.140)