Epson Luncurkan Printer Tekstil Monna Lisa Evo Tre 16 di Bajukertas & Co

Selasa, 01 Februari 2022 - 17:45 WIB
loading...
A A A
“Penggunaan energi dan pembuangan limbah itu terbilang jauh lebih sedikit dibandingkand engan printer konvensional, ya. Seperti kita tahu bahwa tekstil terkenal dengan limbah airnya yang sangat banyak. Namun, dengan printer digital ini, limbah yang dihasilkan menjadi lebih sedikit, sehingga lebih sustainable,” ujarnya.

Monna Lisa Evo Tre 16 sendiri menggunakan Tinta Epson GENESTA yang tersedia dalam formulasi asam, reaktif, disperse, dan pigmen dalam kemasan vacuum degas. Tinta GENESTA telah dikembangkan oleh Epson yang bekerja sama dengan For.Tex khusus untuk seri Monna Lisa.
Epson Luncurkan Printer Tekstil Monna Lisa Evo Tre 16 di Bajukertas & Co

Monna Lisa Evo Tre 16. (Foto: MNC Portal Indonesia/Rizqa Leony)

Sistem manajemen tinta degassed vakum yang eksklusif dirancang untuk mencapai efisiensi maksimum sambil mengurangi limbah tinta. Untuk kegunaan maksimal, fungsi 'Hot Swap' dar Monna Lisa Evo Tre 16 memungkinkan pengguna untuk mengganti kantong tinta 10 liter yang habis dengan yang baru, bahkan saat proses pencetakan sedang berlangsung sekalipun.

“Saat ini kan industri fashion bergerak sangat cepat. Kalau dulu produk fashion ini diproduksi per musim, sekarang bisa dua kali dalam sepekan mereka produksi keluaran terbarunya. Otomatis dari sisi produksi kami harus bisa mengikuti tren dan ekspektasi market yang begitu cepat. Produksi secara digital ini menjadi solusi untuk kami,” ujar Yoga.

Perangkat lunak Epson Edge Print Textile RIP yang dijalankan pada printer Monna Lisa pun dikembangkan sendiri sebagai bagian dari Total Textile Solution. Hal ini menjadi dukungan holistik bagi pelanggan untuk pra-perawatan, printer, tinta, peralatan insidental, instalasi, dan layanan Epson sendiri.

Perangkat lunak yang memiliki intuitive interface untuk pengaturan pekerjaan cetak yang mudah dengan tiga langkah, dari kiri ke kanan. Pengguna hanya perlu memilih file yang ingin mereka cetak, melihat pratinjau gambar, dan memilih pengaturan cetak mereka. Saat ini, Monna Lisa Evo Tre 16 sudah tersedia untuk dipasarkan sejak Oktober 2021.

“Produk Monna Lisa ini sudah ada di seluruh dunia mencapai lebih dari 300 unit di 20 negara. Sementara untuk di Indonesia baru pertama kali, dan instalasinya berada di Bandung ini. Kami berkolaborasi bersama Bajukertas & Co sebagai Textile Experience Center, dan kami harap kerja sama ini bisa terus berlanjut,” ucap Lina. CM
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)