Ketahui Cara Head Cleaning di Printer yang Benar

Rabu, 24 Januari 2024 - 19:17 WIB
loading...
Ketahui Cara Head Cleaning di Printer yang Benar
Cara head cleaning di printer yang benar penting untuk dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara head cleaning pada printer rupanya dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Mengingat kebanyakan orang hanya tau cara menggunakan printer saja tanpa tau bagaimana cara membersihkannya.

Head cleaning pada printer adalah prosedur yang diperlukan untuk membersihkan cetakan kepala (print head) dari tinta yang kering atau tersumbat.

Biasanya head cleaning ini dilakukan jika printer baru saja mengalami error namun tidak terlalu parah. Karena itu cara head cleaning pada printer ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan dengan benar.

Cara Head Cleaning Pada Printer

- Pertama, klik pada ikon Windows
- Pilih opsi "Device and Printers"
- Selanjutnya, klik kanan dan pilih "Printer Preference" dan pastikan printer menyala
- Kemudian pilih tab "Maintenance"
- Pilih opsi "Cleaning"
- Pilih opsi "Print Head Cleaning"
- Jika sudah, pilih opsi "Execute"
- Pembersihan head cleaning printer akan dimulai

Setelah melakukan proses ini, pengguna dapat melakukan pengecekan kondisi printer dengan memilih opsi "Nozzle Check" yang ada dalam "Maintenance".

Jika ingin memeriksa kualitas cetak lebih baik atau belum, pengguna dapat mengeceknya dengan klik pada "Print Check Pattern" yang ada dalam opsi "Nozzle Check".



Penting untuk diketahui, jika dalam proses head cleaning ini akan mengkonsumsi sejumlah tinta. Sehingga pastikan tinta printer telah terisi.

Itulah cara head cleaning pada printer yang benar dan dapat dilakukan sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengguna printer yang kerap mengalamimasalah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)