HP Tidak Bisa Dicas, Begini Cara Mengetahui Penyebab dan Memperbaikinya

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 13:28 WIB
loading...
A A A
Dengan aplikasi Ampere terinstal, sambungkan ponsel Anda ke sumber listrik, lalu jalankan aplikasi dan lihat apakah ponsel Anda sedang diisi dayanya. Jika ponsel Anda sedang diisi tetapi tidak menampilkan ikon pengisian daya, maka ini adalah bug perangkat lunak yang umum, Anda dapat menunggu pembaruan OS atau mencoba hard reset untuk memperbaikinya.

5. Bersihkan Port Pengisian Daya

Jika aplikasi Ampere tidak menunjukkan tanda daya masuk ke ponsel Anda, maka penyebabnya bisa jadi dari port pengisian daya. Partikel debu dapat dengan cepat menumpuk di saluran masuk pengisian daya dan menghalangi koneksi ponsel Anda ke sumber listrik.

Periksa port pengisian daya ponsel Anda dan jika Anda melihat penumpukan kotoran, bersihkan. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan menggosok area dengan lembut menggunakan kapas kering. Pertahankan sentuhan ringan dan jangan membenturkan apa pun terlalu jauh ke stopkontak Anda.



Untuk melihat lebih baik apa yang terjadi di dalam port Anda, gunakan senter untuk memeriksa area tersebut sepenuhnya. Jika Anda melihat ada kotoran asing yang tersangkut di dalamnya, Anda dapat melakukan pembersihan yang lebih berat menggunakan alat SIM ejector atau tusuk gigi. Setelah membersihkan port Anda dengan baik, coba isi daya ponsel Anda lagi.

6. Mungkin Ponsel Anda Terkena Air

Air dan listrik tidak bisa bercampur. Jika ponsel Anda basah dan tidak mau mengisi daya, kemungkinan besar penyebabnya adalah air. Anda tidak boleh mengisi daya ponsel Anda yang basah dan pastikan internal ponsel Anda benar-benar kering.

Ada berbagai metode untuk menyelamatkan ponsel yang jatuh ke air. Bisa gunakan pengering rambut, menaruhnya di dalam beras seharian, atau mencoba metode lain. Namun, Anda harus menunggu setidaknya satu hari sebelum mencolokkan kembali ponsel Anda.

Setelah 24 jam mengering, coba sambungkan ponsel Anda dan lihat apa yang terjadi. Setelah koneksi kering, Anda mungkin mendapati bahwa itu mulai mengisi daya lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6005 seconds (0.1#10.140)