Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Rabu, 30 Juni 2021 - 11:37 WIB
loading...
A A A
Sensor kamera buatan Samsung itu beresolusi “hanya” 50 MP. Sudah disematkan OIS (Optical Image Stabilization) serta kecepatan Auto Focus (AF) yang disebut ”laser AF”. Dan ya, kecepatan fokus otomatisnya memang gila untuk ukuran sebuah ponsel. Cepat sekali!

Harus diingat, meski kamera Mi 11 Ultra sensornya besar, namun gambar yang dihasilkan memang belum menyamai kamera saku mirrorless seperti Sony RX10 yang menggunakan sensor Exmor RS CMOS 1 inci.

Tapi, dengan sensor yang masif itu, artinya Mi 11 Ultra mampu merekam detail yang sangat tinggi. Juga, bisa dengan mudahnya mendapatkan shallow depth of field atau yang biasa dikenal dengan bokeh tanpa perlu memakai mode portrait. Tinggal arahkan kameranya ke subyek, otomatis langsung bokeh!

Bagaimana dengan warnanya? Terus terang, Sindonews suka sekali. Tidak terlalu tajam (over sharpness), tidak juga terlalu kontras, dan tidak juga berlebihan kinerja AI-nya dalam mempercantik foto (over processing). Hasil fotonya terasa sangat natural. Favorit Sindonews, tentu saja saat zooming atau memperbesar gambar, ketajamannya tidak berkurang.

Tapi jika memang butuh saturasi lebih, misalnya untuk memotret lansekap, maka bisa mengaktifkan mode HDR (High Dynamic Range).

Nah, berikut adalah hasil foto di malam hari:

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Bisa dilihat bahwa gambarnya sangat tajam. Kamera menurunkan shutter speed, namun tidak menaikkan ISO demi mengurangi tingkat noise yang tinggi. Ini menjadi mungkin lewat penggunaan sensor yang besar itu. Selanjutnya, tinggal menaikkan sharpness atau ketajaman, clarity, serta kontras.

Kamera yang menarik lainnya adalah ultrawide 48 MP, f/2.2, 12mm, dengan sudut 128˚. Lebih lebar dibanding rata-rata kamera ultrawide di smartphone yang 120 derajat. Jadi, Mi 11 Ultra memiliki kamera ultrawide paling lebar di smartphone dengan resolusi 48 MP. Benar-benar kombinasi “berdaging”.

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Dampaknya apa? Dampaknya pemilik Mi 11 Ultra akan senang sekali memanfaatkan kamera ultrawide ini. Memotret lansekap, pemandangan, mengabadikan momen, dan masih banyak lagi. Distorsi memang ada. Tapi, menurut Sindonews, ini adalah lensa ultrawide terbaik yang ada di smartphone saat ini.

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Selanjutnya adalah lensa zoom yang disebut Xiaomi “periscope telephoto”. Yakni lensa 48 MP, f/4.1, 120mm. Belakangan fitur zoom menjadi sangat penting bagi ponsel flagship. Ponsel yang harganya belasan juta, seolah harus punya fitur zoom terbaik. Dan Mi 11 Ultra memberikan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)