Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Rabu, 30 Juni 2021 - 11:37 WIB
loading...
Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?
Peringkat pertama DxOMark menunjukkan bahwa ponsel tersebut memiliki kamera terbaik di pasar saat ini. Foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Xiaomi Mi 11 Ultra diklaim mendobrak standar fotografi dan videografi tidak hanya lewat sensor terbesar yang ditanamkan di sebuah smartphone. Namun juga mendapat skor tertinggi dari DxOMark.


Karena itu, Sindonews mencoba menguji klaim tersebut. Mencoba merasakan langsung formasi tiga kamera belakang pro-grade 50MP wide angle, 48MP ultra wide angle, dan 48MP telephoto di Mi 11 Ultra.

Peringkat Pertama DxOMark
Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Mi 11 Ultra mendobrak standar fotografi dan videografi pada smartphone dengan konfigurasi triple camera system.

Siapa DxOMark dan apa dampaknya terhadap kamera sebuah smartphone? DxOMark adalah situs benchmark atau tolok ukur yang menguji dan memberi penilaian hasil bidikan sebuah kamera. Termasuk kamera ponsel.

Dari hasil benchmark DxOMark, Mi 11 Ultra mendapat peringkat pertama. Mengalahkan jagoan di kelas flagship seperti Huawei Mate 40 Pro dan Samsung Galaxy S21 Ultra. Secara keseluruhan, DxOMark memberi skor 143 poin untuk Mi 11 Ultra.

Salah satu keunggulan Xiaomi Mi 11 Ultra adalah penggunaan sensor Samsung GN2 1/1.12” yang mampu memproduksi 4-in-1 2.8 μm Super Pixels.

Ukuran sensor kamera Mi 11 Ultra mendekati sensor 1 inci yang dipakai kamera mirrorless Sony RX, sekaligus jadi sensor terbesar yang pernah dibenamkan di kamera ponsel saat ini.

Teorinya, Mi 11 Ultra tidak hanya bisa merekam gambar sangat tajam di kondisi minim cahaya, juga hasil fotonya berani disandingkan dengan kamera mirrorless.

Bahkan tidak hanya foto, fitur Mi 11 Ultra juga sangat solid. Mampu merekam resolusi video 8K dan di dukung berbagai fitur seperti dual phone recording, audio zoom, serta end-to-end HDR10+.

Mudah untuk Selfie atau Ngevlog
Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Yang paling unik dari Mi 11 Ultra adalah penampang kamera dengan layar OLED berukuran 1.1-inci 126 x 294 piksel yang bisa disentuh. Ini bukan sekadar gimmick. Karena Sindonews merasakan layar ini benar-benar berguna.

Untuk apa? Pertama, membantu membaca notifikasi yang masuk. Lalu, kita mengkustomisasi tampilan layar dengan tulisan serta gambar sesuai keinginan saat ponsel diletakkan dimeja.

Fungsi lainnya adalah membantu kita membuat video, ngevlog, selfie, atau wefie menggunakan kamera belakang. Layar tersebut juga akan menyala ketika kita mengetuknya dua kali.

Konfigurasi Tiga Kamera
Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Hal pertama yang menarik perhatian dari Xiaomi Mi 11 Ultra memang bentuk bump di kameranya.

Mi 11 Ultra punya desain kamera yang unik. Ukuran penampang maupun lensanya sama-sama masif. Meski demikian, Xiaomi memilih pendekatan sederhana. Hanya memakai konfigurasi triple lens atau tiga lensa. Rinciannya:

● Kamera 50MP wide-angle
○ Sensor 1/1.12", 1.4μm pixel size, 2.8μm 4-in-1 Super Pixel
○ f/1.95, 8P lens, 85˚ FOV
○ Mendukung OIS, ToF laser focus
○ Dual Pixel Pro, Dual Native ISO Fusion, Staggered-HDR
○ 8K video recording, Night mode

● Kamera 48MP ultra-wide angle
○ 128  FOV, f/2.2
○ 0.8μm pixel size, 1.6μm 4-in-1 Super Pixel
○ 1/2.0” sensor size, PDAF, 7P lens
○ Supports macro shooting
○ 8K video recording, Night mode

● Kamera 48MP telephoto
○ 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, 120x digital zoom
○ 1/2.0” sensor size, 0.8μm pixel size, 1.6μm 4-in-1 Super Pixel
○ f/4.1, Supports OIS, PDAF
○ 8K video recording, Night mode

● Kamera depan 20MP
○ f/2.2, 0.8μm pixel size, 1.6μm 4-in-1 Super Pixel
○ 78˚ FOV, FF

Alih-alih memberi gimmick kamera dengan megapiksel besar, Xiaomi benar-benar memberi apa yang diinginkan konsumen di Mi 11 Ultra: sensor kamera ponsel hampir sebesar kamera saku mirrorless.

Ukuran sensor lensa utamanya adalah 1/1.12 inci atau setara 0.89 inci. Hampir mendekati 1 inci di kamera saku mirrorless, sekaligus sensor kamera terbesar yang ada di ponsel saat ini. Jadi, kita maklumi jika ada tonjolan atau bump di bodinya.

Sensor kamera buatan Samsung itu beresolusi “hanya” 50 MP. Sudah disematkan OIS (Optical Image Stabilization) serta kecepatan Auto Focus (AF) yang disebut ”laser AF”. Dan ya, kecepatan fokus otomatisnya memang gila untuk ukuran sebuah ponsel. Cepat sekali!

Harus diingat, meski kamera Mi 11 Ultra sensornya besar, namun gambar yang dihasilkan memang belum menyamai kamera saku mirrorless seperti Sony RX10 yang menggunakan sensor Exmor RS CMOS 1 inci.

Tapi, dengan sensor yang masif itu, artinya Mi 11 Ultra mampu merekam detail yang sangat tinggi. Juga, bisa dengan mudahnya mendapatkan shallow depth of field atau yang biasa dikenal dengan bokeh tanpa perlu memakai mode portrait. Tinggal arahkan kameranya ke subyek, otomatis langsung bokeh!

Bagaimana dengan warnanya? Terus terang, Sindonews suka sekali. Tidak terlalu tajam (over sharpness), tidak juga terlalu kontras, dan tidak juga berlebihan kinerja AI-nya dalam mempercantik foto (over processing). Hasil fotonya terasa sangat natural. Favorit Sindonews, tentu saja saat zooming atau memperbesar gambar, ketajamannya tidak berkurang.

Tapi jika memang butuh saturasi lebih, misalnya untuk memotret lansekap, maka bisa mengaktifkan mode HDR (High Dynamic Range).

Nah, berikut adalah hasil foto di malam hari:

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Bisa dilihat bahwa gambarnya sangat tajam. Kamera menurunkan shutter speed, namun tidak menaikkan ISO demi mengurangi tingkat noise yang tinggi. Ini menjadi mungkin lewat penggunaan sensor yang besar itu. Selanjutnya, tinggal menaikkan sharpness atau ketajaman, clarity, serta kontras.

Kamera yang menarik lainnya adalah ultrawide 48 MP, f/2.2, 12mm, dengan sudut 128˚. Lebih lebar dibanding rata-rata kamera ultrawide di smartphone yang 120 derajat. Jadi, Mi 11 Ultra memiliki kamera ultrawide paling lebar di smartphone dengan resolusi 48 MP. Benar-benar kombinasi “berdaging”.

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Dampaknya apa? Dampaknya pemilik Mi 11 Ultra akan senang sekali memanfaatkan kamera ultrawide ini. Memotret lansekap, pemandangan, mengabadikan momen, dan masih banyak lagi. Distorsi memang ada. Tapi, menurut Sindonews, ini adalah lensa ultrawide terbaik yang ada di smartphone saat ini.

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Selanjutnya adalah lensa zoom yang disebut Xiaomi “periscope telephoto”. Yakni lensa 48 MP, f/4.1, 120mm. Belakangan fitur zoom menjadi sangat penting bagi ponsel flagship. Ponsel yang harganya belasan juta, seolah harus punya fitur zoom terbaik. Dan Mi 11 Ultra memberikan itu.

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Faktanya, selain memotret dengan lensa ultrawide, kita juga butuh untuk zooming. Ini yang Sindonews rasakan saat trekking mengunjungi Leuwi Hejo, Bogor. Sindonews bisa memotret subyek dari jarak jauh dengan sangat tajam.

Di atas kertas, kemampuan perbesaran Mi 11 Ultra mencapai 120x. Realitanya, maksimal hanya 5-10x zoom saja untuk menghasilkan foto terbaik. Sisanya, untuk membuat video story Instagram atau Reels masih oke.

Untuk kamera depan Mi 11 Ultra dengan spesifikasi 20MP f2.2 terasa mirip dengan Mi 11 dari hasil foto dan videonya. Bisa merekam bokeh dengan sangat baik. Juga memiliki fitur yang terbilang komplet, seperti beautify.

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Bukan hanya bikin video TikTok, kamera depan Mi 11 Ultra lebih dari cukup untuk membuat vlog yang rapi. Lengkap dengan bokeh-nya.

Hanya saja, kamera depannya belum bisa merekam video 4K. Dan menurut Sindonews sendiri itu bukan hal yang krusial.

Karena jika ingin merekam video 4K, bisa memanfaatkan kamera utamanya. Silahkan memilih video 8K di 24 fps, video 4K di 30 fps atau 60 fps, dan bahkan slow-mo di resolusi 4K. Juga 1080 di 960 fps. Ini jelas fitur yang sangat menarik bagi video creator.

Di mode Pro, Sindonews bahkan bisa bermain-main dengan LOG Profile. Apa itu? Singkatnya, LOG profile memberi fleksibilitas bagi editor video/content creator untuk mengedit video mereka di proses paska produksi.

Karena file video yang direkam memiliki dynamic range yang jauh lebih luas. Artinya, kita tetap bisa mempertahankan detail video saat misalnya menambah highlight, shadow, atau bahkan memberikan warna agar video hasilnya sinematik seperti film Hollywood.

Sederhananya, bandingkan mengedit foto JPEG dengan resolusi rendah dan mengedit foto RAW. Beda kan?

LOG profile ini bukan untuk semua orang. Tapi, membuat kita pede bahwa Mi 11 Ultra memiliki kemampuan video yang benar-benar “pro”. Dan memang harus diakui hasil video Mi 11 Ultra ini stabil banget. Menyenangkan sekali untuk membuat video di ponsel ini.

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Baru kali ini Sindonews merasa tidak lagi butuh membawa-bawa kamera mirroless saat traveling. Cukup membawa Mi 11 Ultra. Benar-benar menjadi perangkat yang bisa diandalkan untuk membuat "high quality content". Inilah ponsel dengan kamera terbaik di pasar saat ini.

Tapi, memang langkah Xiaomi yang nekad memasang sensor raksasa ke dalam kamera memberikan plus dan minus.

Plusnya, konsumen mendapat paket yang lengkap. Yakni sebuah ponsel yang sangat solid untuk memotret dengan sudut lebar (ultrawide), standar (wide), dan tele (zooming), serta di malam hari. Juga, sangat solid untuk merekam video YouTube yang sinematik.

Menguji Langsung Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra, Benarkah Terbaik di Kelas Flagship?

Konsekuensinya, ada konsumsi baterai yang ternyata cukup lumayan. Ketika traveling dengan Mi 11 Ultra, Sindonews memang aktif memotret dan merekam video. Dari statistik terlihat bahwa konsumsi layar 22.08% dan konsumsi kamera 23.45%. Sehingga menghabiskan 50 persen selama treking dari pukul 10 pagi hingga 2 siang.

Untungnya, Mi 11 Ultra sudah mendukung fast charging tertinggi, yakni mencapai 67W untuk mengisi baterainya. Jadi, proses pengisian baterai benar-benar ngebut. Ini adalah fitur favorit Sindonews di Mi 11 Ultra. Karena praktis sekali.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)
pixels