Katanya Aman, Kenapa Akun Telegram Penyidik KPK Novel Baswedan Kena Hack Juga?

Jum'at, 21 Mei 2021 - 14:48 WIB
loading...
A A A
Faktanya, Telegram ternyata memiliki risiko keamanan yang sama. Sama-sama memiliki risiko tinggi terhadap serangan malware. Penyedia layanan keamanan Check Point kepada Forbes menyebut bahwa semua layanan messenger bisa di eksploitasi untuk mengirim pesan, attachments, dan links berbahaya.

Bahkan, justru ada bahaya serius dari Telegram yang tidak bisa dimitigasi oleh penggunanya sendiri walau mereka sangat sadar dengan keamanan.
Ternyata, Telegram lebih kompleks dibandingkan kompetitor seperti Facebook Messenger, WhatsApp, iMessage, dan Signal.

Platform tersebut melayani lebih dari 500 juta pengguna melalui Endpoint (ujung dari jalur komunikasi dalam satu jaringan) yang berbentuk seperti jaring laba-laba yang saling terhubung dan memiliki backend/server cloud-nya sendiri.

Arsitektur ini memungkinkan Telegram menyediakan grup-grup dan channel yang tidak terbatas, juga fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki kompetitor. Termasuk, ”platform bot”-nya sendiri.



Telegram menjelaskan bahwa bot adalah akun Telegram yang dioperasikan oleh perangkat lunak--bukan manusia--dan mereka memiliki fitur kecerdasan buatan. Bot-bot ini dapat melakukan apa saja. Mulai mengajar, bermain, menelusuri, menyiarkan, mengingatkan, menghubungkan, mengintegrasikan dengan layanan lain, atau bahkan menyampaikan perintah ke Internet of Things.

Katanya Aman, Kenapa Akun Telegram Penyidik KPK Novel Baswedan Kena Hack Juga?

Nah, masalahnya, bukan itu saja yang bisa dilakukan oleh bot Telegram. Check Point sudah memperingatkan bahaya Telegram. Mereka mengatakan bahwa telah melacak dalam 3 bulan terakhir ada 130 serangan siber menggunakan malware yang dikontrol lewat Telegram oleh para peretas.

Bahkan saat aplikasi Telegram tidak diinstal dan tidak dipakai, peretas masih bisa mengirim perintah berbahaya dan mengoperasikan dari jarak jauhke aplikasi tersebut.

Malware itu sendiri tidak disebarkan oleh pesan Telegram. Tapi, dikirim ke pengguna lewat pesan email biasa. Tapi begitu lampiran email yang dibuat dibuka di PC Windows pengguna, bot Telegram beraksi dengan cara terhubung ke control server si peretas dan melakukan serangan.

Menurut Check Point, popularitas malware berbasis Telegram terus meningkat seiring tumbuhnya penggunaan aplikasi tersebut di seluruh dunia. ”Telegram adalah aplikasi yang legal, mudah digunakan, stabil, dan tidak di blok oleh anti virus perusahaan, atau jaringan keamanan perusahaan,” beber Check Point.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)