Riset GoPay: Masyarakat Justru Semakin Aktif Berdonasi Selama Pandemi

Senin, 07 Desember 2020 - 13:36 WIB
loading...
Riset GoPay: Masyarakat Justru Semakin Aktif Berdonasi Selama Pandemi
GoPay Digital Donation Outlook (DDO) 2020 menyebut bahwa ada kenaikan nilai per donasi digital sebesar 72% selama pandemi.
A A A
JAKARTA - Selama pandemi, ternyata masyarakat lebih aktif berdonasi. Mereka lebih percaya berdonasi lewat online karena lebih mudah dan cepat. Akses teknologi ternyata berdampak besar terhadap tingginya donasi.

Masyarakat Suka Berdonasi Lewat Platform Online
Aplikasi dan platform donasi online menjadi medium yang paling banyak dipilih masyarakat berdasarkan dua alasan utama, yaitu kredibilitas platform dan kemudahan pembayaran.

Riset DDO menemukan, Gojek menjadi aplikasi digital yang paling sering digunakan oleh masyarakat (52,5%). Sementara itu, 71% memilih Kitabisa sebagai platform galang dana yang paling sering digunakan. Dalam empat tahun terakhir, jumlah inisiatif penggalangan dana oleh organisasi nonprofit meningkat secara kumulatif sebesar 13 kali lipat.

Pertumbuhan ekosistem donasi digital tidak terlepas dari perkembangan pesat metode pembayaran nontunai di Indonesia. Sebanyak 47% responden memilih berdonasi platform yang menerima transaksi digital.

GoPay menjadi uang elektronik yang paling banyak digunakan untuk berdonasi (68%) karena dinilai paling aman, diterima secara luas di banyak organisasi dan yayasan, serta GoPay dipandang sebagai pionir dalam donasi digital

Harus Terus Ditingkatkan
Co-Founder dan CEO Kopernik Toshi Nakamura mengatakan, penting bagi pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terkait donasi digital, terutama di luar kota besar.

”Dengan keunggulan dalam transparansi proses donasi dan informasi kredibilitas organisasi yang dituju, kami percaya bahwa kedepannya kita akan bersama-sama melihat pertumbuhan donasi digital yang lebih positif lagi,” ujarnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2739 seconds (0.1#10.140)