Mengoptimalkan Ponsel Rp1 Jutaan Galaxy A01 Core untuk Sekolah Dirumah

Minggu, 06 Desember 2020 - 11:56 WIB
loading...
Mengoptimalkan Ponsel Rp1 Jutaan Galaxy A01 Core untuk Sekolah Dirumah
Dengan bujet terbatas, smartphone Rp1 jutaan sebenarnya sangat cukup untuk melakukan PJJ, asalkan tahu cara mengoperasikannya. Foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Tidak semua kalangan (orang tua) memiliki budget yang sama untuk meminang smartphone yang dapat mengakomodir ativitas PJJ. Nah, Sindonews pun berupaya mencari tahu. Dengan bujet Rp1 jutaan, bisakah Samsung Galaxy A01 Core digunakan untuk sekolah online di rumah?

Membuat Tugas Video
Apakah smartphone budget tetap bisa digunakan untuk membuat tugas seperti presentasi video? Jawabnya, bisa. Kamera utama 8MP (F 2.2) ternyata cukup baik kualitasnya untuk membuat video hingga 1080p di 30 fps. Hanya saja, pastikan memiliki cahaya yang cukup untuk menghindari noise dan wajah anak bisa terlihat jelas. Secara keseluruhan, hasil rekaman dan audionya sendiri cukup baik.

Menjalankan Aplikasi Edukatif
Mengoptimalkan Ponsel Rp1 Jutaan Galaxy A01 Core untuk Sekolah Dirumah

Walau menjalankan sistem operasi Android Go, namun Galaxy A01 Core tetap lancar saat membuka aplikasi edukasi seperti Bahaso, iCando, Cakap, Duolingo, Rumah Belajar, hingga Pahamify. Apalagi, ponsel tersebut juga memiliki fitur manajemen pengatur memory yang bisa menutup aplikasi yang lama tidak dipakai sekaligus membersihkan RAM. Namanya Device Care.

Kesimpulan
Setelah mencoba langsung, maka bisa disimpulkan bahwa ponsel entry level dengan banderol Rp1 jutaan sebenarnya sudah sangat cukup untuk menjalankan berbagai kegiatan pembelajaran jarak jauh. Termasuk Android Go yang ringan, justru memberikan banyak benefit bagi para siswa. Mulai baterai irit, aplikasi yang kecil, hingga hemat konsumsi data.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)