Apple Umumkan Pembaruan RCS, Pengguna Android Bisa Gunakan iMessage

Minggu, 19 November 2023 - 17:10 WIB
loading...
Apple Umumkan Pembaruan RCS, Pengguna Android Bisa Gunakan iMessage
Apple mengungkapkan akan menambahkan standar perpesanan baru akhir tahun depan agar pemilik Android dapat menggunakan beberapa fitur iMessage. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Apple mengungkapkan akan menambahkan standar perpesanan baru akhir tahun depan agar pemilik Android dapat menggunakan beberapa fitur iMessage. Perubahan ini akan memungkinkan pengguna iPhone dan Android merasakan fitur perpesanan yang sama.

Pembaruan tersebut, yang pertama kali diungkapkan oleh 9to5Mac, juga merupakan cara Apple untuk memenuhi tuntutan Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa yang dirilis pada tahun 2020. Regulasi ini memaksa perusahaan seperti Apple harus menyediakan layanan di semua platform – bahkan pesaingnya Android .

Apple akan menambahkan dukungan untuk standar RCS (Rich Communication Services) dalam pembaruan perangkat lunak akhir tahun depan. Perubahan ini akan memungkinkan kedua sistem operasi ini merasakan tanda terima telah dibaca, indikator pengetikan, dan berbagi media yang lebih baik.



Dalam sebuah pernyataan kepada 9to5 Mac, juru bicara Apple mengatakan akhir tahun depan akan menambahkan dukungan untuk RCS Universal Profile, standar yang saat ini diterbitkan oleh Asosiasi GSM. RCS Universal Profile akan menawarkan pengalaman interoperabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan SMS atau MMS.

“Ini akan bekerja bersama iMessage, yang akan terus menjadi pengalaman pengiriman pesan terbaik dan teraman bagi pengguna Apple,” keterangan Apple dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Minggu (19/11/2023).
Apple Umumkan Pembaruan RCS, Pengguna Android Bisa Gunakan iMessage


Google meluncurkan RCS kepada pelanggannya di AS pada tahun 2019, termasuk membaca tanda terima, mengetik indikator, dan menggunakan WiFi untuk mengirim pesan. Langkah ini untuk bersaing dengan iMessage dan Facebook Messenger, tapi standar tersebut tidak kompatibel dengan perpesanan Apple.

Dengan pembaruan RCS ini Apple tidak mengundang pengguna Android ke dalam platform tersebut tetapi menambahkan RCS secara terpisah. RCS dirancang untuk menggantikan standar pesan singkat (SMS) dan telah dikembangkan sejak 2007 dengan bantuan badan perdagangan Global System for Mobile Communications Association (GSMA).



Laporan 9to5 Mac menyebutkan bahwa Apple telah menunda penerapan RCS selama lebih dari setahun. Bahkan ketika Google dan pihak lain telah menekan pembuat iPhone untuk mengadopsi teknologi tersebut.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4138 seconds (0.1#10.140)
pixels