Ini Alasan Apple Tidak Akan Pernah Membuat iMessage Versi Android

Senin, 12 April 2021 - 12:05 WIB
loading...
Ini Alasan Apple Tidak Akan Pernah Membuat iMessage Versi Android
Apple bisa saja membuat versi di Android yang bekerja dengan iOS sehingga pengguna dari kedua platform dapat bertukar pesan dengan mulus satu sama lain. Foto dok The Verge
A A A
CUPERTINO - Apple menganggap bahwa iMessage menjadi salah satu alasan pengguna untuk tetap berada di dalam ekosistem mereka. Untuk itu, perusahaan secara sengaja tidak mengembangkan aplikasi pesan instan tersebut ke versi Android . Tujuannya, agar tidak ada alasan bagi para pengguna beralih ke perangkat dengan sistem operasi dari Google tersebut.



Kabar ini terungkap dalam disposisi dan email dari karyawan Apple , termasuk beberapa eksekutif tingkat tinggi di manajemen perusahaan dalam surat yang diajukan oleh Epic Games di pengadilan.

Epic berpendapat Apple sengaja mengunci pelanggan di dalam ekosistem mereka dan iMessage adalah salah satu layanan utama yang berperan penting.

Melansir laman The Verge, Senin (12/4), kabar ini diperkuat oleh pernyataan wakil presiden senior Apple untuk Software dan Internet Service, Eddy Cue, wakil presiden Senior Software Engineer, Craig Federighi dan Apple Fellow, Phil Schiller.

“[Alasan] utama dan tersulit untuk meninggalkan ekosistem aplikasi Apple adalah iMessage. iMessage sama dengan penguncian yang serius,” tulisnya.

Kemudian, dijelaskan alasan mengapa tidak pernah terjadi pengembangan iMessage di Android. “Memindahkan iMessage ke Android akan lebih merugikan kami ketimbang membantu kami,” tulis Phill.

Menurut informasi Epic, mengutip Eddy Cue, Apple memutuskan untuk tidak mengembangkan iMessage untuk Android pada awal 2013, setelah peluncuran layanan pengiriman pesan tersebut di iOS 5.



Cue mengakui, Apple bisa saja membuat versi di Android yang bekerja dengan iOS sehingga pengguna dari kedua platform dapat bertukar pesan dengan mulus satu sama lain. Tapi terbukti, versi seperti itu tidak pernah dikembangkan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)