Online Seller Wajib Tahu, Ini Kategori Produk yang Paling Banyak Dicari di Marketplace

Selasa, 29 Agustus 2023 - 19:46 WIB
loading...
Online Seller Wajib Tahu, Ini Kategori Produk yang Paling Banyak Dicari di Marketplace
Tokopedia ungkap tiga kategori produk yang paling banyak dicari masyarakat selama semester pertama 2023. Foto: Tokopedia
A A A
JAKARTA - Transaksi konsumen lewat marketplace masih tinggi. Karena itu, Tokopedia membeberkan apa saja kategori produk yang diminati konsumen di platform mereka.

“Selama semester pertama 2023, kategori fashion, olahraga dan hobi serta elektronik menjadi beberapa kategori produk yang paling dicari masyarakat melalui Tokopedia,” ujar Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega.

Menurut Antonia Tokopedia bisa diakses di 99% kecamatan di Indonesia. Angka ini menunjukkan besarnya potensi pasar yang bisa disasar oleh para pelaku usaha.

“Kami berupaya mendigitalisasi sebanyak-banyaknya UMKM agar lebih banyak lagi pelaku usaha yang merasakan kemudahan dan memperoleh manfaat jualan online,” ungkapnya.

Nah, berikut temuan menarik berkaitan dengan tren pencarian masyarakat lewat Tokopedia sepanjang semester I 2023:

1. Fashion

Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) pada 2023, ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 7,8% terhadap ekonomi nasional, dimana salah satu kontribusi terbesarnya berasal dari industri kreatif subsektor fesyen dan kriya.

Di Tokopedia sendiri, minat masyarakat terhadap berbagai produk fesyen termasuk dari brand lokal pun makin meningkat. Tokopedia mencatat, sneakers, atasan seperti kaos, kemeja, dan jaket, serta jam tangan analog menjadi beberapa produk fesyen yang paling banyak dicari di semester I 2023.

“Penjual juga bisa pakai fitur Bundling Product untuk menggabungkan beberapa produk dalam satu paket jualan dengan harga lebih terjangkau. Sehingga mendorong pembeli berbelanja lebih banyak. Teknologi machine learning dari Tokopedia juga dapat merekomendasikan produk mana yang cocok digabungkan dengan fitur Bundling Product,” ujar Antonia.

2. Olahraga dan Hobi

Selain produk fesyen, sepanjang semester I 2023, berbagai produk yang berkaitan dengan onderdil sepeda menjadi yang paling dicari masyarakat. Lainnya, produk hobi juga makin digandrungi masyarakat. Hal ini terbukti dari produk hobi, seperti action figure, diecast mobil, permainan trading card dan mecha model, menjadi yang paling dicari masyarakat di kategori Olahraga dan Hobi di Tokopedia.

3. Elektronik

Perangkat mobile yang memudahkan masyarakat berkomunikasi dan mengakses informasi dari berbagai tempat menjadi beberapa produk yang paling banyak diminati di Tokopedia. Handphone Android, iOS, laptop, serta aksesoris pendukungnya menjadi beberapa produk yang paling banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia di semester I 2023.

Menurut Antonia, pelaku usaha dari berbagai skala juga bisa memanfaatkan beragam kanal promosi yang ditawarkan oleh Tokopedia Marketing Solutions, misalnya fitur beriklan TopAds. “Dengan TopAds, produk bisa tampil teratas di halaman pencarian, dengan modal mulai dari Rp250,” jelas Antonia.

Teknologi machine learning di fitur Pencarian Tokopedia juga diklaim mempermudah produk yang relevan ditemukan pengguna.

“Machine learning–bagian dari artificial intelligence atau AI, selalu diusung di setiap inisiatif Tokopedia, salah satunya untuk membantu masyarakat menemukan toko maupun produk yang relevan dengan kebutuhan mereka,” jelas Product Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah.



Menurutnya, Tokopedia juga memiliki Filter Widget yang membuat pengalaman pencarian produk makin mudah. Pembeli secara lebih spesifik bisa mencari prod
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.1999 seconds (0.1#10.140)