Apa Plus Minus Chromebook, Laptop untuk Pelajar Pilihan Kemendikbud?

Jum'at, 30 Juli 2021 - 20:22 WIB
Chrome OS adalah sistem operasi yang dikembangkan Google. Berbasis Linux. Dan memiliki tampilan seperti browser Google Chrome yang biasa digunakan oleh warganet.

Laptop yang menggunakan Chrome OS, disebut dengan Chromebook. Nah, Chromebook ini mereknya bisa macam-macam. Samsung, Acer, Lenovo, dan pabrikan laptop besar umumnya memiliki varian ChromeBook.

Lalu, mengapa ChromeBook bisa memiliki memori sangat kecil, sekecil 32 GB yang lebih kecil dibandingkan ponsel entry level?

Jawabannya, ada di karakter dan fungsi dari Chrome OS itu sendiri. ChromeBook harus selalu terhubung dengan layanan jaringan internet jika ingin berfungsi “normal” seperti laptop biasa.

Sebab, Chrome OS bertindak seperti sebuah pintu yang menghubungkan pengguna ke jaringan cloud. Nah, file pengguna, baik foto, video, dokumen, semuanya disimpan di dalam cloud. Bukan di dalam laptop.

Karena itu, sebelum menggunakan laptop, pengguna harus log in dulu ke akun Google mereka. Nah, setelah log in, mereka akan mengakses data-data mereka lewat Google Drive, foto-foto dan video mereka lewat Google Photos, dan email mereka lewat Gmail.



Apakah ChromeBook memiliki aplikasi yang bisa di download? Ya, dan bisa. Namanya Chrome Web Store. Semacam Google Play di Android. Ada banyak aplikasi yang tersedia. Tapi, harus diingat, aplikasi-aplikasi ini berbasis web dan sekali lagi baru akan berfungsi optimal jika ada jaringan internet. Jadi sangat memiliki keterbatasan.

Apakah ChromeBook bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar? Sangat bisa. Ada banyak aplikasi yang mendukung pembelajaran. Bahkan, ChromeBook juga bisa dipakai sebagai laptop harian. Memang penggunanya butuh penyesuaian, tapi sangat bisa.

Nah, karena semua proses komputasi dan penyimpanan data/file dilakukan lewat jaringan internet, maka ChromeBook tidak perlu spesifikasi yang tinggi. Tidak perlu memori internal yang besar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More