Ternyata Ini Keunggulan Pelajar dan Sekolah Memakai Chrome OS Dibanding Windows

Senin, 02 Agustus 2021 - 15:14 WIB
loading...
Ternyata Ini Keunggulan Pelajar dan Sekolah Memakai Chrome OS Dibanding Windows
Chrome Education Upgrade adalah fitur di sistem operasi Chrome OS yang di optimalkan untuk pelajar. Foto: Ist
JAKARTA - Chrome OS adalah sistem operasi terbesar setelah Windows. Salah satunya, karena fitur ini: Chrome Education Upgrade License atau Google CDM. Apa itu?

Sistem operasi Chrome OS buatan Google diklaim sangat efektif dan efisien digunakan oleh pelajar. Salah satu faktornya, karena Google merancang Chrome OS yang berbasis online itu dengan fitur-fitur untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar.

BACA JUGA: Menjawab Kebingungan Masyarakat Tentang Vaksinasi Dosis Ketiga

Jika kita lihat spesifikasi laptop yang dianggarkan Kemendikbudristek sebesar Rp2,4 triliun untuk 240 ribu laptop untuk sekolah, semuanya diharuskan menggunakan Chrome OS dan semuanya sudah mendukung fitur Chrome Education Upgrade License.



Apa sebenarnya Chrome Education Upgrade License? Ini adalah fitur dari Chrome OS yang ditujukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Nah, berikut adalah beberapa kelebihannya:

Kolaborasi
Chrome OS mendorong peserta didik bisa belajar sendiri dan belajar berkelompok di kelas, atau bahkan beda kelas melalui cloud. Mereka dapat saling terhubung satu-sama lain dan saling berkolaborasi di cloud lewat koneksi internet.

Mudah Digunakan
Dibandingkan Windows, Chrome OS memang lebih sederhana dan sebenarnya lebih mudah digunakan. Baik untuk siswa, juga orang tua dan guru. Pengguna mendapatkan layanan cloud yang besar, hanya perlu mendaftar di layanan Google. Selain itu, baterainya juga tahan lama untuk pembelajaran seharian. Juga, terhindar dari virus dan malware.

Membuat Siswa Tidak Gaptek
Karena selalu online, Chrome OS memaksa siswa untuk selalu online. Sehingga sudah terbiasa dengan layanan cloud sejak dini. Desain ChromeBook yang umumnya mungil, juga ideal digunakan oleh peserta didik.

Keamanan
Karena serba online, maka kegiatan pembelajaran online harus hari-hati. Google mengklaim bahwa laptop Chrome OS sudah dienkripsi. Chrome Education Licence juga menjamin semua update dilakukan secara otomatis dan membuat keamanan akan selalu terpantau dengan cepat dan terbarukan.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE