Fakta Chromebook, Laptop Murah yang Cocok untuk Belajar Online

Rabu, 09 Juni 2021 - 22:05 WIB
loading...
Fakta Chromebook, Laptop Murah yang Cocok untuk Belajar Online
Spesifikasi Samsung Chromebook 4 bisa dibilang seperti ponsel kelas mid-range/entry level. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Chromebook ibarat memiliki laptop, tapi menjalankan semua aplikasinya lewat web browser dan selalu terhubung ke internet (online). Karena itulah, Samsung optimistis laptop seperti Chromebook 4 ideal untuk pasar Indonesia.

Dibandingkan smartphone atau tablet, Chromebook menawarkan form factor ala laptop. Sehingga pelajar bisa melakukan zoom, sekolah online, juga mengerjakan tugas sekolah seperti di sebuah laptop.


Kelebihannya, selain ringkas dan kecil, juga mudah dibawa-bawa. Sistem operasi Chrome OS berbasis web browser. Sehingga sangat ringan dan hemat energi. Namun, disisi lain juga sangat tergantung dengan wi-fi atau internet.

Berikut adalah beberapa fakta dan alasan mengapa saat ini Chromebook relevan untuk pasar Indonesia:

Baterai 12,5 Jam
Fakta Chromebook, Laptop Murah yang Cocok untuk Belajar Online

Karena OS-nya ringan sekali, baterai Chromebook bisa bertahan hingga 12,5 jam. Alhasil, Samsung Chromebook 4 bisa untuk mengerjakan tugas, mengikuti kelas online, browsing, ataupun streaming konten-konten edukasi dan inspirasi tugas sepanjang hari, tanpa perlu terus duduk di dekat colokan listrik.

Selalu Online
Karena OS-nya berbasis web browser, maka Samsung Chromebook 4 sangat bergantung pada jaringan internet/wi-fi, meski tetap bisa digunakan secara offline. Nah, sekarang karakter yang always on ini cocok karena sudah banyak sekolah yang terintegrasi dengan cloud.

Dengan aplikasi dan penyimpanan data melalui cloud, guru dan siswa mudah mengakses kelas online, bahan pelajaran, materi pekerjaan rumah, catatan-catatan kelas, maupun tugas-tugas yang membutuhkan kolaborasi, dari mana saja sepanjang koneksi Internet tersedia.

Chrome OS memungkinkan akses yang cepat ke aplikasi-aplikasi penting untuk keperluan sekolah termasuk cloud database. Sinkronisasi file atau mengedit tugas bersama-sama dengan teman sekelas semakin mudah, walau lokasi terpisah.

Terintegrasi dengan Aplikasi Google
Seperti Android, Chrome OS buatan Google. Sehingga semua kegiatan sangat bergantung pada layanan Google. Pengguna juga bisa mengakses toko aplikasi Chrome Web Store yang sama beragamnya dengan Android.

Pengalaman cloud bisa langsung dinikmati pengguna Chromebook 4 yang terintegrasi secara seamless dengan layanan aplikasi Google.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4306 seconds (0.1#10.140)