Begini Cara Merawat Kulkas yang Benar, Dijamin Awet

Selasa, 21 November 2023 - 15:06 WIB
Kulkas dengan tipe apa pun itu, sebaiknya tidak untuk mencampur semua jenis makanan yang ditumpuk menjadi satu tanpa memisahkannya terlebih dahulu. Pasalnya, makanan lain jadi bisa terkontaminasi virus dan bakteri dari jenis makanan lainnya. Pada akhirnya, bau kulkas pun jadi tidak sedap.

Solusinya, Anda dapat memisahkan jenis makanan berdasarkan rak-raknya. Anda juga dapat menggunakan wadah penyimpanan khusus agar bahan makanan dapat terorganisir dan lebih awet untuk disimpan. Selain itu, kulkas jadi lebih bersih karena tidak terdapat noda bekas makanan.

4. Pastikan Pintu Kulkas Selalu Tertutup Rapat



Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan penumpukan kondensasi di bagian dalamnya. Akibatnya, kompresor kulkas akan bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan kerusakan.

Suhu dingin yang terus-menerus keluar ketika pintu kulkas tidak tertutup rapat juga dapat mengurangi ketahanan makanan yang disimpan. Udara luar yang masuk ke dalam kulkas juga dapat mencemari makanan yang Anda simpan.

5. Bersihkan Secara Rutin



Kulkas yang dibersihkan secara teratur dapat membuatnya tetap bersih, terhindar dari penumpukan noda, menjaga kulkas dari bau, dan tentunya menjaga keadaan kulkas agar tidak cepat rusak.

Pastikan untuk membersihkan rak, laci, dan kantong penyimpanan dalamnya. Jika ada bau yang tidak sedap, gunakan larutan air dan cuka untuk membersihkannya. Jangan gunakan bahan kimia yang keras atau bau menyengat.

Itulah beberapa cara merawat kulkas yang bisa Anda lakukan di rumah. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menghindari biaya perbaikan yang mahal, mencegah kerusakan lebih serius, hingga memperpanjang umur pakai kulkas.

Namun jika sudah terlanjur rusak, Anda disarankan untuk membeli unit yang baru karena kulkas yang sudah tidak berfungsi dengan baik dapat memengaruhi kualitas makanan dan minuman yang Anda simpan di dalamnya.

Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan kulkas murah meriah karena lagi ada diskon hingga 41% sekaligus gratis ongkir tanpa batas di AladinMall ! Download aplikasinya di Google Play dan App Store sekarang juga buat belanja sebelum kehabisan!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More