Begini Cara Merawat Kulkas yang Benar, Dijamin Awet

Selasa, 21 November 2023 - 15:06 WIB
Kulkas yang tidak dirawat dapat mengakibatkan masalah penurunan efisiensi pendinginan, bau tidak sedap, hingga kerusakan serius. (Foto: MNC)
JAKARTA - Cara merawat kulkas tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi mengingat fungsinya yang sangat penting, yakni untuk menjaga makanan dan minuman tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Kulkas yang digunakan nonstop setiap hari tentunya membuat alat ini tidak bebas dari kerusakan. Tahukah Anda jika lemari es yang tidak dirawat dapat mengakibatkan masalah seperti penurunan efisiensi pendinginan, bau tidak sedap, bahkan kerusakan yang lebih serius.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat kulkas supaya dapat melakukannya secara rutin. Dengan demikian, alat elektronik satu ini akan dapat digunakan dalam jangka panjang alias lebih awet.

Cara Merawat Kulkas Mudah dan Hemat

1. Jangan Menyimpan Makanan/Minuman Bersuhu Panas



Makanan atau minuman yang bersuhu panas dapat mengubah temperatur kulkas menjadi lebih hangat. Padahal, sebelumnya kulkas sudah diatur pada suhu tertentu. Akibatnya, hal ini dapat membuat suhu berubah dan merusak temperatur di dalamnya.



Di sisi lain, perubahan suhu yang terjadi ini juga dapat merusak makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Solusinya, Anda bisa mendinginkan makanan dan minuman tersebut menjadi suhu ruang terlebih dahulu, baru kemudian dapat disimpan di dalam kulkas.

2. Jangan Menyimpan Makanan dan Minuman Berlebihan di Dalam Kulkas



Isilah kulkas dengan makanan secukupnya, apalagi terlalu menyimpan banyak botol air. Botol air mempunyai beban yang berat sehingga bisa membuat wadah menjadi pecah dan rusak bila terlalu penuh.

Di sisi lain, hal ini juga dapat menimbulkan berbagai risiko buruk lainnya seperti menghambat aliran udara yang menyebabkan kulkas tidak berfungsi dengan baik dan makanan lebih cepat membusuk.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More