Waspada, Ini Gejala Kulkas Anda Perlu Diganti Baru!

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 13:05 WIB
loading...
Waspada, Ini Gejala Kulkas Anda Perlu Diganti Baru!
Ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang gejala kulkas yang perlu diganti baru. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kulkas menjadi solusi praktis untuk menyimpan makanan dan minuman, terutama di musim kemarau. Sebab, cuaca panas bisa bikin makanan lebih cepat membusuk atau mengering karena kurangnya kelembaban udara.

Panas yang ekstrem dan kekurangan kelembaban dapat mempercepat pembusukan makanan, seperti pada buah, sayuran, dan daging. Makanan yang terpapar langsung oleh sinar matahari atau udara panas juga menjadi lebih rentan terhadap kerusakan.

Dalam kondisi ini, penting untuk memiliki sistem penyimpanan yang baik agar makanan tetap awet. Hal ini juga dapat menjaga keuangan keluarga karena musim kemarau juga berdampak pada harga bahan pangan.

Salah satu kulkas yang cocok untuk menyimpan makanan adalah Polytron Belleza Jumbo PRW 23VX . Teknologi inverter yang hemat listrik berguna untuk menghemat biaya energi, sehingga tagihan tidak membengkak tapi makanan tetap segar.

“Sistem pendinginan yang canggih dengan cooling engine yang menyebarkan dingin dari berbagai arah akan memastikan makanan dan minuman Anda tetap dalam kondisi terbaik,” kata Albert Fleming, General Manager of Home Appliances dari Polytron saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (27/10).

Polytron Belleza Jumbo PRW 23VX merupakan kulkas dua pintu dengan dimensi ukuran panjang 58,7 cm, lebar 57,6 cm, dan tinggi 138,8 cm. Kapasitasnya mencapai 220 liter dengan konsumsi daya 140 Watt.

Namun, kulkas yang dialiri listrik secara terus menerus juga tidak memiliki masa pakai selamanya. Seiring berjalannya waktu, kulkas akan mengalami penurunan fungsionalitas hingga kerusakan yang mengharuskannya diganti.

Berikut beberapa gejala kulkas perlu segera diganti seperti dibagikan Polytron:

1. Suhu kulkas tidak dingin lagi

Gejala kulkas yang pertama adalah permasalahan umum yang sering terjadi di masyarakat adalah suhu kulkas yang tidak dingin lagi.
Pengaturan suhu sudah sesuai, perawatan sudah maksimal dan kulkas sering di service namun tidak kunjung membaik.

2. Konsumsi listrik yang boros
Waspada, Ini Gejala Kulkas Anda Perlu Diganti Baru!

Kulkas yang memiliki peningkatan signifikan dalam konsumsi listrik tanpa perubahan dalam kebiasaan menggunakannya, ini bisa menjadi gejala kulkas sudah tidak efisien lagi. Seiring berjalannya waktu, kulkas memiliki inovasi yang canggih dengan menghadirkan fitur hemat energi (inverter) yang tidak dimiliki oleh kulkas jaman dahulu.

3. Suara bising yang tidak biasa

Kulkas memang bukan peralatan elektronik yang senyap dan tidak bersuara. Kulkas bersuara namun masih sebatas wajar. Gejala kulkas dengan suara bising, terutama jika berlangsung lama dan tidak biasa, bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan sistem pendingin.


4. Kulkas sudah berumur

Sama dengan peralatan elektronik lainnya, kulkas juga memiliki batas maksimal dan tidak bisa digunakan selamanya. Dengan kulkas yang sudah berumur tua kebanyakan sering mengalami kerusakan dan membuat Anda terus menerus memperbaiki kulkas yangtiadahenti.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9438 seconds (0.1#10.140)