Startup Luar Negeri Rasa Indonesia, Techbros Perkenalkan Teknologi TechbrosFi Mobile Private Network

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 18:00 WIB
loading...
A A A
Teknologi Open RAN yang diusung pun mengadopsi konsep open interface. Masyarakat dapat menggunakan kombinasi perangkat radio, seperti radio unit dan base band, tanpa terikat pada salah satu merek yang spesifik.

Open RAN juga menawarkan teknologi terbuka yang sudah terstandardisasi serta struktur biaya yang lebih bersaing. Hal ini memberi kesempatan bagi para operator untuk mengembangkan jaringan secara lebih luas.

“Dengan begitu, pengguna private network memiliki lebih banyak opsi dalam memilih vendor yang dapat memberikan business case terbaik. (Bagi operator) bisa mengefisienkan biaya capital expenditure (capex) dan operational expenditure (opex),” ucap Yudhi.

Dari sisi keamanan pun, private network lebih terjamin ketimbang jaringan wireless fidelity (Wi-Fi) dengan berbagai tahapan security berlapis.

Yudhi menjelaskan, TechbrosFi, adalah komponen yang didalamnya berkolaborasi dengan teknologi lainnya seperti OpenRAN, OpenRAN sendiri di bawa oleh Telecom Infra Project ke Indonesia yang didukung oleh Telkom University dan membuka TIP Community lab di bandung, untuk ujicoba TechbrosFi.

Telecom Infra Project adalah komunitas global perusahaan dan organisasi yang bekerja sama untuk mempercepat pengembangan dan penerapan solusi teknologi terbuka, terpilah, dan berbasis standar yang menghadirkan konektivitas berkualitas tinggi yang dibutuhkan dunia – sekarang dan dalam beberapa dekade datang.

TIP Community Lab Universitas Telkom dibuka pada Q3 2020. Lab Komunitas ini akan memungkinkan peserta untuk mengevaluasi dan mengadopsi solusi yang dikembangkan oleh Grup Proyek TIP, dan memberikan hasil dan persyaratan baru kembali ke komunitas TIP untuk pengembangan lebih lanjut.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)