Startup Luar Negeri Rasa Indonesia, Techbros Perkenalkan Teknologi TechbrosFi Mobile Private Network

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 18:00 WIB
loading...
A A A
Lebih dari itu, TechbrosFi, memastikan respons cepat pada beban jaringan di industri yang beragam. Ini adalah kunci untuk kasus penggunaan industri tertentu seperti kontrol kendaraan dan navigasi. Ini juga penting bagi pabrik—untuk mengurangi waktu henti di jalur produksi dan untuk memastikan koneksi yang andal dari jumlah dan kepadatan sensor, mesin, dan robot yang tinggi.

Adapun teknologi private network milik Techbros akan diimplementasikan di beberapa industri seperti Pertambangan, Perkebunan, dan Pabrik

Salah satunya adalah pengembangan potensi ekonomi Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan, yang akan dibangun 4G Private network pertama di Indonesia.

Techbros bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Kemaritiman) untuk mengoptimalkan potensi sumber daya di kawasan tersebut, yakni di sektor pertanian dan perikanan.

Di kawasan tersebut, Kementerian Kemaritiman mengembangkan ekosistem smart agriculture dan smart farming menggunakan TechbrosFi dari Techbros

Techbros membawa solusi teknologi private network ke kecamatan tersebut. Teknologi ini berfungsi untuk menyokong jaringan internet.

“Teknologi seperti AI, big data, ataupun data science tidak akan bisa berfungsi optimal bila suatu kawasan tak didukung internet memadai. Oleh karena itu, kami ‘kawinkan’ antara Techbros.FI, private network, dan Elang AI dalam pilot project di Kecamatan Pollung,” ucap Yudhi.

Proyek percontohan tersebut terbilang berhasil. Yudhi menjelaskan, Elang AI telah membantu petani Humbang Hasundutan dalam menentukan masa tanam dan panen, jenis tanaman potensial, serta jumlah pupuk yang digunakan.

Selain di Sumut, Techbros juga menjangkau kawasan rural lainnya di timur Indonesia, yaitu di Kalimantan timur.

Lebih efisien
Yudhi mengatakan, pengimplementasian private network lebih efisien ketimbang jaringan lain karena tidak memerlukan biaya investasi tinggi untuk membangun tower BTS. Dari segi komponen dan perangkat pendukung, jaringan private network juga lebih terjangkau dengan prinsip open source.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2360 seconds (0.1#10.140)