Mengenal Teknologi NIR, Mampu Analisis Cepat dan Akurat di Berbagai Industri

Rabu, 17 Juli 2024 - 07:57 WIB
loading...
Mengenal Teknologi NIR,...
Near InfraRed Spectroscopy (NIR) atau spektroskopi inframerah dekat telah menjadi alat yang sangat berguna dalam analisis sampel di berbagai bidang industri. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Near InfraRed Spectroscopy (NIR) atau spektroskopi inframerah dekat telah menjadi alat yang sangat berguna dalam analisis sampel di berbagai bidang industri. Teknologi ini memanfaatkan radiasi inframerah dekat untuk mengetahui komposisi atau karakteristik sampel.

Dalam sektor pertanian , NIR digunakan untuk mengukur kadar air, protein, lemak, dan parameter lain pada tanaman, pakan, dan tanah. Di industri makanan, teknologi ini membantu dalam menentukan kandungan nutrisi dan komposisi kimia tanaman pangan.

Di industri farmasi , NIR berperan penting dalam kontrol kualitas obat, analisis bahan baku, dan pemantauan proses produksi. Penelitian ilmiah juga menggunakan NIR untuk mempelajari sifat kimia dan fisika berbagai material.

CEO PT Adidharma Ekaprana Arie Christianto mengungkapkan, keunggulan utama NIR ialah dapat memberikan informasi komposisi kimia dengan cepat dan akurat, tanpa perlu merusak sampel. "Ini sangat penting bagi industri yang memerlukan analisis rutin dan berkelanjutan," kata Arie dalam keterangannya, Selasa (16/6/2024).

Keunggulan lainnya dari teknologi NIR ialah fleksibel karena dapat digunakan untuk berbagai jenis sampel, termasuk padatan, cairan, dan bubur. Selain mempercepat proses analisis, keunggulan yang dimiliki NIR ini dapat mengurangi biaya operasional karena sifatnya yang non-destruktif dan serbaguna.

Cara kerja teknologi NIR ialah dengan mengarahkan sinar inframerah ke sampel, kemudian akan terlihat jumlah cahaya yang diserap oleh sampel pada panjang gelombang tertentu. Setiap molekul memiliki pola penyerapan gelombang cahaya yang spesifik, sehingga analisis pola penyerapan ini memungkinkan identifikasi komposisi kimia sampel.

PT Adidharma Ekaprana, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang solusi industri, menyediakan berbagai jenis alat lab industri, termasuk NIR. Mereka menawarkan beragam jenis NIR untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, baik itu benchtop NIR untuk analisis yang lebih presisi maupun NIR portabel untuk analisis di lapangan.

Arie menjelaskan untuk benchtop NIR, ada merk Blue Sun Scientific yang memiliki beberapa varian seri dengan jangkauan gelombang yang berbeda. "Keuntungan utama dari penggunaan benchtop NIR Blue Sun Scientific adalah hasil yang lebih akurat, jangkauan panjang gelombang yang lebih luas, dan fleksibilitas karena dapat menangani berbagai jenis sampel dan aplikasi," ungkapnya.

Benchtop NIR Blue Sun Scientific sendiri sering kali dilengkapi dengan perangkat lunak canggih untuk analisis dan interpretasi data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang lebih mendalam dan komprehensif.

Untuk NIR portabel, PT Adidharma Ekaprana menawarkan merk Dinamica Generale dengan dua tipe NIR portabel, yaitu AgriNIR dan XNIR. Sejumlah keunggulan NIR portabel dari Dinamica Generale antara lain ialah efisiensi yang tinggi untuk pengukuran di lapangan, serta tidak merusak sampel sehingga memungkinkan pengujian lebih lanjut jika diperlukan.

NIR portabel Dinamica Generale ini dirancang agar mudah digunakan karena dilengkapi dengan perangkat lunak yang telah dikalibrasi sebelumnya untuk aplikasi tertentu. Sifatnya yang portabel juga memungkinkan alat ini dapat dibawa ke mana pun analisis diperlukan, menjadikannya pilihan ideal untuk analisis di lapangan.

Arie menambahkan inovasi dalam teknologi NIR terus berkembang. PT Adidharma Ekaprana berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi-solusi terbaik agar dapat mendukung berbagai kebutuhan analisis di berbagai sektor industri di Indonesia, meningkatkan efisiensi dan akurasi analisis demi hasil yang optimal.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3097 seconds (0.1#10.140)