Industri yang Cocok dan Efektif Menggunakan Sistem Absensi Online

Selasa, 31 Mei 2022 - 13:44 WIB
loading...
A A A
Hal ini disebabkan karena absensi dilakukan dengan basis aplikasi dan program khusus. Penggunaan absensi online untuk karyawan ini dapat menjamin tingkat akurasi yang tinggi, serta mengurangi terjadinya suatu kesalahan yang mungkin terjadi karena faktor manusia (human error).

Fitur yang Wajib Ada Pada Aplikasi Absensi Online

Penggunaan aplikasi absensi online memungkinkan setiap karyawannya mencatat jadwal kerjanya melalui aplikasi sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan pemantauan.

Karyawan yang memiliki mobilitas yang tinggi juga dapat dipantau lewat laporan secara real-time. Berikut ini beberapa fitur yang wajib ada pada sistem absensi online:

1. Dapat Diakses Melalui Smartphone
Penggunaan smartphone kini tidak lagi sekedar bagian dari gaya hidup modern, tetapi juga merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi demi kelancaran komunikasi baik bagi karyawan maupun perusahaan.

Contohnya saja perihal penggunaan smartphone sebagai pendukung komunikasi perusahaan seperti keberadaan grup chat kantor yang digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan itu sendiri.

Para penyedia layanan HRIS seharusnya dapat memberikan akses khusus bagi masing-masing karyawan. Menyediakan aplikasi yang dapat digunakan di smartphone juga sangat penting.

Dengan begitu, karyawan maupun pengelola perusahaan dapat dengan mudah mengakses serta mengelola informasi penting perusahaan secara lebih fleksibel. Fleksibilitas semacam ini membuat karyawan dapat langsung melakukan absensi tanpa perlu mengantri di depan mesin absensi tiap harinya.

2. Kemampuan Melacak Lokasi Absen
Pada saat ini ada beberapa perusahaan yang tidak mewajibkan setiap karyawannya untuk hadir ke kantor pada hari kerja.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa kondisi yang membuat setiap karyawan harus tetap bekerja tanpa perlu datang ke kantor secara langsung.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)