Mengapa Algoritma Media Sosial Justru Jadi Musuh Para Kreator?

Kamis, 05 Mei 2022 - 14:29 WIB
loading...
A A A
Instagram pun berubah dari square photo format menjadi video format kemudian disusul dengan munculnya Reels. Kreator yang terbiasa dengan format foto, harus mulai beradaptasi dengan format video, seperti TikTok, YouTube Shorts, atau SnackVideo.

Terlebih lagi setahun belakangan pertumbuhan TikTok sebagai content distribution platform melaju sangat cepat.

Dengan kemunculan TikTok, menjadi ancaman tersendiri bagi platform Instagram dan YouTube, karena mengubah kebiasaan audience untuk beralih dari melihat content berupa foto/video panjang menjadi audience yang mengonsumsi konten video pendek dengan durasi maksimal 1 menit. Dengan kata lain, konten-konten berupa video pendek ini sangat digandrungi oleh masyarakat.

Dengan kebiasaan baru menikmati video-video pendek ini, kreator juga diharapkan dapat terus beradaptasi dengan beberapa sosial media berbasis video, seperti TikTok dan SnackVideo.

Penting bagi kreator untuk mendistribusikan kontennya ke berbagai platform media sosial yang ada (repurposing). Hal ini dapat mendongkrak visibility mereka dibanding hanya mengandalkan satu platform saja.

Dengan begitu, hasil karya kreator dapat menjangkau target audience yang lebih beragam. Namun, tantangan baru yang harus dihadapi adalah menyesuaikan tipe konten di masing-masing platform.

Beda Instagram, TikTok, YouTube, beda pula SnackVideo. Kreator butuh waktu untuk mengeksplor dan mempelajari bagaimana user berinteraksi di platform media sosial tersebut.



Akan tetapi, jika berhasil menarik hati user di berbagai platform, kreator akan lebih mudah bertahan lebih lama dan menjadi lebih update dengan audience baru yang mungkin dulunya tidak mengenal mereka.

Prediksi saya, kurang dari lima tahun, popularitas platform-platform baru baru ini akan lebih tinggi dan menjanjikan bagi kreator.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3171 seconds (0.1#10.140)