Memakai POCO M3 Pro 5G di Jaringan 5G Telkomsel, Apa Dampaknya dalam Keseharian?

Selasa, 20 Juli 2021 - 20:18 WIB
loading...
A A A
Kecepatan Tinggi untuk Apa?
Bicara kecepatan, ada beberapa hal yang dirasakan Sindonews saat menggunakan POCO M3 Pro 5G di jaringan 5G Telkomsel:

â—Ź Download dan upload cepat sekali. Ini akan terasa ketika kita ingin download aplikasi di ponsel, update software, download video YouTube, dan lainnya.

â—Ź Untuk kolaborasi, 5G Telkomsel memungkinkan kita bekerja lebih mudah di cloud di smartphone. Terutama jika kita sudah terbiasa memakai Google Docs, Slack, Power Point, Dropbox, Google Photos dan lainnya. Sinkronisasi ke Cloud jauh lebih cepat. Kedepannya, kita akan merasakan fungsi Cloud Gaming.

● Tidak lagi butuh Wi-Fi di internet/café saat bekerja di luar. Kita mendapati peace of mind untuk bisa mengakses internet supercepat dimana saja.

â—Ź Streaming 4K. Streaming adalah kegiatan yang super penting selama pandemi. Dan dengan 5G, terbuka ruang digital baru dimana kita bisa menikmati streaming video dengan resolusi 4K.

â—Ź Komunikasi Video. Dengan adanya jaringan 5G, komunikasi video dalam resolusi tinggi dapat dilakukan dengan sangat lancar di POCO M3 Pro 5G. Mulai WhatsApp Call, Zoom meeting, atau platform lainnya.

Latensi Rendah
Untuk saat ini, pentingnya latensi terasa saat kita bermain game. Dari percobaan Sindonews, waktu bermain game battle royal/FPS di POCO M3 Pro 5G, latensinya stabil di 20 milidetik.

Bandingkan dengan latensi jaringan 4G LTE yang bisa 60-80 milidetik. Jika sudah di atas 100 milidetik, game benar-benar tidak bisa dimainkan. Latensi rendah penting untuk mereka yang bermain game kompetitif.

Kesimpulan
Memakai POCO M3 Pro 5G di Jaringan 5G Telkomsel, Apa Dampaknya dalam Keseharian?

Untuk sementara, jaringan 5G Telkomsel masih terbatas. Tapi, bertahap akan diperluas. Kita hanya bisa menikmati jaringan 5G di area-area tertentu saja. Misalnya di area residensial seperti Alam Sutera Banten, Kelapa Gading, Pondok Indah, dan Widya Chandra, Jakarta, hingga BSD, Banten. Juga GraPARI di beberapa kota.

Meski di rentang harga entry level, namun POCO M3 Pro 5G sebagai ponsel 5G juga sudah memiliki fitur mumpuni. Ada chipset MediaTek Dimensity 700 yang cukup responsif, 5G dual sim, teknologi penyimpanan UFS 2.2, layar 6.5" FHD+ DotDisplay Dynamic 90Hz, kamera belakang 48MP+2MP+2MP, hingga kapasitas baterai 5.000mAh dengan 18W fast charging.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8297 seconds (0.1#10.140)